Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka di Solo, Almarhum Pakdhenya Meninggal di Usia 82 Tahun

Presiden Joko Widodo bertakziah ke rumah duka almarhum pakdenya, Miyono Suryosardjono, di Surakarta, Senin (28/2/2022). (Foto: IST-Dok.sigijateng)

Solo (Sigi Jateng) – Paman Presiden Joko Widodo meninggal dunia pada Minggu 27 Februari 2022 pukul 19.50 WIB. Kakak almarhumah ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo tersebut sempat menderita sakit beberapa waktu lalu. Miyono meninggal dunia di usia 82 tahun. 

Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhum pamannya, Miyono Suryosardjono, di Kota Surakarta, Senin (28/2/2022). Jokowi tiba di rumah duka sekitar pukul 09.52 WIB dan disambut oleh putra almarhum, Triyono Budi Warsito, selaku perwakilan keluarga.

Presiden Jokowi terlebih dahulu melaksanakan salat jenazah di rumah duka bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto.

Adik almarhum, Setyawan Prasetya mengatakan, almarhum Miyono Suryosardjono meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya sejak lama.

Almarhum Miyono meninggalkan seorang istri dengan enam orang anak dan menantu, serta 12 orang cucu. Seluruh keluarga merasa kehilangan atas meninggalnya Miyono.Mewakili pihak keluarga, ia pun memohonkan almarhum didoakan.

Suasana rumah kediaman almarhum Miyono Suryosardjono di Gondang, Jalan Ahmad Yani Nomor 297-299 Solo, Senin (28/2/2022). (Foto: IST-Dok.)

“Kami atas nama keluarga mohon didoakan kepada almarhum Bapak Haji Miyono Suryosardjono, mudah-mudahan meninggalnya husnulkhatimah, diampuni dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya, dan mendapat tempat di sisi-Nya,” ujar Setyawan.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh dokter, tenaga medis, perawat dari RSPAD Jakarta, dan juga RS Slamet Riyadi Solo yang telah begitu bekerja keras untuk membantu kami demi kesembuhan kakak kami Miyono tersebut. Tetapi ternyata Tuhan Yang Maha Esa berkehendak lain sehingga kami sekeluarga akan tetap ikhlas, tawakal,” ungkapnya.

Setelah prosesi di rumah duka selesai, jenazah dibawa ke Masjid  Hj. Diah Kusumasari Santosa untuk disalatkan. Selanjutnya, jenazah dibawa ke Pemakaman Mundu, Karanganyar, dengan menggunakan ambulans untuk dikebumikan.

Sebelumnya, terkait sakit yang diderita almarhum, Sigit Widyawan menantu Miyono Suryosardjono mengatakan mertuanya memang ada gangguan paru-paru. Dan hal tersebut diperburuk karena pernah terpapar Covid-19. Namun ia menegaskan jika kakak almarhumah Sudjiatmi Miharjo tersebut meninggal dunia bukan karena Covid-19.

“Bapak ada gangguan paru-paru kemudian kena covid. Jadi mungkin ada long covid, sisa-sisanya. Tapi meninggal bukan karena Covid-19, karena kemarin sebelum Pak Jokowi ke sini masih sempat bangun, diswab hasilnya negatif,” ujarnya.

Ia pun mengaku tak ada pesan khusus yang disampaikan almarhum sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. “Tidak ada pesan khusus. Biasa aja. Cuma bilang sama keluarga yang rukun. Sama mungkin internal kita ada grup usaha. Ya itu saja,” ucapnya.

Diketahui, usai menghadiri prosesi seluruh rangkaian upacara pemakaman, Presiden langsung bertolak kembali ke Jakarta dengan didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan terbatas. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini