Pospenas IX Tahun 2022 Resmi Dibuka Menag di Manahan Solo, Dihadiri Puluhan Ribu Santri

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu (23/11/2022) malam. ( foto kemenag)

SOLO (Sigijateng.id);- Acara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional ( Pospenas ) ke IX Tahun 2022 berlangsung lancar, tertib dan sesuai dengan rencana.

Pospena IX Tahun 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu malam (23/11/2022) ditandai dengan pemukulan kentongan.

Hadir pada acara ini Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Wahyu Widodo, dan sejumlah perwakilan Gubernur dan Bupati.

Sekda Sumarmo hadir mewakil Gubernur Ganjar Pranowo, karena pada saat yang sama Ganjar Pranowo mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang berkunjung ke Banyumas.

Dari Kemenag tampak Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jateng Mustain Ahmad.

Seremoni pembukaan menampilkan defile semua kontingen dari 34 provinsi, dimeriahkan berbagai penampilan, di antaranya marching band Gema Nawa Katika dan tari kecak santri, sebuah tari konvergensi kecak dengan tarian sufi dan nada selawatan. Pukul 22.10, semua rangkaian acara pembukaan Pospena berakhir.

Hadir dalam acara itu, sekitar 4 ribu atlit dan official serta puluhan ribu santri yang memadati stadion Manahan Surakarta, baik areal tribun stadion ataupun luar stadion.
Panitia memasang sejumlah layar besar di luar stadion.

Menag Yaqut saat pemukulan kentongan pertanda pembukaan Popenas IX Tahun 2022 di Solo.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengawali sambutannya dengan mengajak semua yang hadir membaca Al Fatihah untuk mendoakaan para korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini berpesan agar para santri berlaga di ajang Pospenas IX Solo ini dengan menjaga sportifitas tinggi.

“Ingat, sportifitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren. Praktikan itu di sini, dengan berlomba penuh respek dan sportif,” serunya disambut gegap gempita para hadirin.

Santri adalah penuntut ilmu yang konsisten memegang prinsip agama Islam. Santri itu jadi presiden, wakil presiden, gubernur, walikota/bupati dan juga bisa menjadi atlit, seniman, dan banyak profesi lain, dengan tetap memegang teguh karakter agamis.

“Ajang Pospenas ini menjadi salah satu bentuk kehadiran negara dalam meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi santri. Maka berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia,” tambahnya.

Sebagai informasi Pospenas IX Tahun 2022, digelar di beberapa venue di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022.

Santri memadati luar stadion manahan saat pembukaan Pospenas, Rabu (23/11/2022) malam. ( foto sigijateng)

Acara ini mengambil tema ‘Gerak Santri, Bangkit Negeri’ dikaitkan dengan semangat Hari Santri.

Menurut data Kemenag, terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri.

Sementara Pospenas 2022 diikuti oleh 2.867 santri dari 34 provinsi yang memperebutkan 312 tropi dari 12 cabang olah raga dan seni yang dipertandingkan.

Di antaranya atletik (lari, lompat jauh, tolak peluru), senam santri, senam SKJ, tenis meja, sepak bola, pencak silat, pidato tiga bahasa, film pendek, kaligrafi, hadrah, dan stand up commedy.

Sementara, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengaku senang, para santri dapat bertanding di stadion Manahan yang berkelas Internasional.

Namun arti Pospenas lebih dari itu, yaitu memupuk persatuan, persahabatan dan persaudaraan antar santri serta membangkitkan santri untuk untuk menjaga NKRI.

“Karena masih pandemi, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlit sudah divaksin dan swab antigen,” katanya.

Sekda Jateng Sumarno yang hadir mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan permintaan maaf gubernur karena tidak bisa hadir di Solo, karena ada acara di Banyumas mendampingi Wakil Presidena’ruf Amin.
Sumarno mengingatkan agar semua santri peserta Pospenas IX bisa berlaga dengan menjunjung suportifitas. Inti dari suportifitas adalah kejujuran.

Pospenas IX Solo ini diwarnai pawai obor yang apinya diambilkan dari api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Obor yang dilepas oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin dari Grobogan ini diarak menuju Surakarta dengan singgah di dua pondok pesantren, yakni Ponpes Girikesumo, Mranggen, Demak dan Pondok Pesantren Al Mas’udiyah, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Sesampainya di Surakarta, rombongan langsung disambut oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Sehari sebelum pembukaan acara, Wali Kota Gibran berlari membawa obor pada Kirab Obor Pospenas IX dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota Solo yang jaraknya sekitar 3 KM.

Kemudian juga diadakan Pospenas EXPO di parkiran GOR Sriwedari selama tiga hari, mulai hari Rabu sampai Jumat besok. Ada puluhan stand yang menyediakan produk UMKM. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini