Pospenas Expo Digelar Tiga Hari di Parkiran Sriwedari Solo, Diikuti 45 Stand UMKM, Yuk Kunjungi

Penasihat Dharma Wanita Kemenag, Eny Retno Yaqut Qolil Qoumas, Ketua Dekranasda Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo dan Ketua Dekranasda Solo, Selvi Ananda menggunting pita menandai dibukanya Pospenas Expo IX di parkir Stadion Sriwedari Kota Solo, Rabu (23/11/2022) siang. ( foto kemenag)

SOLO (sigijateng.id)  –  Pameran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas Expo )  di gelar area parkir Stadion Sriwedari Kota Solo, selama tiga hari mulai Rabu- Jumat (23-25/11/2022)  mulai pukul 08.00-21.00.

Pospenas Expo resmi  dibuka oleh Penasihat Dharma Wanita Kemenag, Eny Retno Yaqut Qolil Qoumas, Ketua Dekranasda Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo dan Ketua Dekranasda Solo, Selvi Ananda, Rabu pagi, dengan ditandai pemotong pita.

Setidkanya, ada 45 stand UMKM dan kerajinan unggulan dari binaan Kemenag dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jateng dari beberapa kabupatan/kota yang ada di Pospenas Expo IX in.

Ketua Dekranasda Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo menyampaikan, pameran ini sebagai upaya daya ungkit ekonomi masyarakat pasca dihantam pandemi Covid-19.

Beberapa produk UMKM yang dipamerkan di expo ini beberapa berasal dari Jateng maupun luar Jawa mulai dari DKI, DIY, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Barat, Lampung dan Bengkulu.

Dia berharap santri selain dibekali ilmu agama juga memiliki jiwa enterpereuner. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan dari awal sesuai dengan potensi masing-masing. Dengan begitu akan tumbuh kemandirian dari santri di masing-masing ponpes.

“Adanya bantuan inkubasi bisnis dari Kemenag, santri selain memiliki kapasitas bidang agama nantinya secara ekonomi bisa mandiri. Ketika disokong bareng-bareng. Sesuai dengan tema Pospenas kali ini. Gerak santri bangkit negeri,” katanya.

Sementara, Penasehat Dharma Wanita Kemenag, Eny Retno Yaqut Qolil Qoumas mengatakan, adanya Pospenas Expo ini diharapkan dapat membawa efek domino bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Pameran ini salah satu upaya strategis bagi pesantren untuk meningkatkan kemandiriannya. Kemenag telah memberikan bantuan inkubasi bisnis untuk badan usaha milik pesantren. Tidak hanya modal, para santri juga didampingi mulai dari produksi, pengemasan, distribusi hingga pengelolaan keuangan.

“Kemandirian pesantren sudah menajdi salah satu program utama Kemenag. Program ini program stratesgi dan realistis. Pesantren memiliki SDM melimpah. Jumlah santri tercatat ada 4,4 juta tersebar di 37.626 ponpes seluruh Indonesia,” ucapnya.

Di sisi lain dalam upaya kemandirian pesantren juga ada sinergitas dari dunia usaha dengan adanya pendampingan guna mempercepat ekositem usaha.

“Jargon Pospenas ini linier dengan kemandirian pesantren. Gerak santri bangkit negeri. Bergerak dan bertumbuh untuk menjadi insan lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Dibuka Rabu Malam

Sementara itu, Pospenas IX 2022 akan dibuka Rabu malam di Stadion Manahan Solo, oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Pospenas IX diikuti sebanyak 2.867 santri dari 34 Provinsi mengusung tema Gerak Santri Bangkit Negeri.

Pacara pembukaan Pospenas IX siap digelar nanti malam. Persiapan sudah semua dan tinggal pelaksanaan.

Kepala Kantor Kemenag Wilayah Jawa Tengah Mustai’in Ahmad bersama Kepala Bidang PD Pontren Kanwail Kemanag Jateng  Nur Abadi, juga terus memantau persiapan. Seperti mengecek persiapan dan gladi acara pembukaan pada Selasa sore kemarin.

Stadion Manahan, yang berada di Kota Surakarta akan menjadi saksi kemegahan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas IX) Tahun 2022 di Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu pengisi acara  dari Sanggar Moncar Iswara Surakarta, yang ditemui menyampaikan besok akan membawakan Tari Jemparingan, dimana ini merupakan tari tradisional Kota Surakarta yang menggambarkan prajurit yang berlatih dalam menggunakan senjata untuk  menjalankan tugasnya menjaga ketentraman Negara.

Kepala Bidang PD Pontren Kanwail Kemanag Jateng  Nur Abadi menyampaikan bahwa persiapan pembukaan Pospenas IX Tahun 2022 di Kota Surakarta ini Alhamdulilah semua berjalan dengan baik.

“InsyaAllah semua berjalan lancar. Sebab begitu ada kata siap, semua kita kerahkan, dan bergerak sesuai dengan tusinya masing-masing. Dari panitia, EO, dan pengisi acara, semua sudah kita koordinasikan. Walaupun dalam waktu yang sempit, tetapi InsyaAllah hasilnya bisa maksimal besok. Mohon doanya semoga semua berjalan lancar dan sukses,” ucap Nur Abadi. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini