‘Polisi Sahabat Anak’ Polsek Sukorejo Dikerumuni Puluhan Pelajar SD di Kendal, Ada Apa ?

Puluhan siswa-siswi SDN 2 Sukorejo belajar dan mengenal lebih dekat dengan polisi di Mapolsek Sukorejo, Kamis (22/9). Foto : Dok. Mapolsek Sukorejo

Kendal (Sigijateng.id) – Puluhan siswa – siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 Sukorejo Kendal mendatangi Kantor Mapolsek Sukorejo, Kamis (22/9/2022).

Dengan didampingi guru pendamping, kedatangan mereka ke kantor polisi tersebut yakni ingin mengenal lebih dekat tugas-tugas yang dilakukan polisi sekaligus menimba ilmu fungsi dan perannya sebagai pengayom masyarakat serta abdi negara.

Kapolsek Sukorejo AKP Sugeng SH mengatakan jika kantornya sering kedatangan anak-anak pelajar mulai tingkat PAUD, TK, SD hingga SMA sederajat dari berbagai sekolah di wilayah Sukorejo. Polisi adalah sahabat anak, selain peran, fungsi dan tugasnya menjadi pengayom masyarakat.

“Kedatangan para siswa-siswi ingin mengenal lebih dekat dengan polisi. Mereka menimba ilmu pengetahuan tentang tugas fungsi dan peran polisi. Semua kami jelaskan dan berikan pemahaman. Baik unit pelayanan, penanganan kamtibmas serta sarana dan prasarana yang digunakan,” kata AKP Sugeng SH.

Dijelaskan, polisi merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungandan pelayanan kepada masyarakat. Program Polisi Sahabat Anak ini disampaikan melalui kegiatan yang menyenangkan.

Berbagai kegiatan kepolisian untuk mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya anak-anak penting untuk dilakukan. “Kami rutin memberikan edukasi kepada para siswa, seperti mencegah tidak bulliying dan sebagainya,” jelas AKP Sugeng SH.

Menurutnya, kegiatan tersebut selain untuk menanamkan rasa bangga kepada kepolisian juga menanamkan kedisiplinan dan kesadaran hukum sejak dini.”Yang paling utama, yakni menanamkan rasa bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur AKP Sugeng SH.

Sementara itu, salah satu guru pendamping siswa, Andri mengaku anak-anak sangat senang dan antusias sekali bisa mengenal lebih dekat dengan polisi. “Kegiatan seperti ini menjadi edukasi yang penting dan baik bagi siswa-siswi,” kata dia.

“Senang bisa dekat dengan pak polisi. Ternyata tugasnya banyak sekali sebagai pelindung abdi negara dan pengayom masyarakat. Cita-cita saya ingin menjadi polwan,” ucap Safina (8) siswi yang baru duduk di bangku kelas 2 SD Negeri 2 Sukorejo ini. (Red)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here