Plataran Terbuka dan Live Akustik, Angkringan Raden Bagus Kota Lama Semarang Jadi Favorit Wisatawan

Pengunjung angkringan Raden Bagus Kota Lama sedang menikmati hidangan. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Angkringan Raden Bagus yang terletak di Jalan Kampung Sleko No.4, Old Town, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang menjadi tujuan favorit wisatawan untuk mencicipi kuliner tradisional di malam hari.

Angkringan yang terletak tepat di tengah keramaian Kota Lama Semarang ini memang terlihat sederhana, tapi siapa sangka, para pengunjung justru terlihat nyaman jika nongkrong di sini.

Dengan hanya menggunakan gelaran tikar, pengunjung yang menikmati kuliner sederhana seperti Nasi Kucing, Gorengan, Sate-satean, dan berbagai macam minuman itu, juga bisa merasakan kehangatan suasana di Kawasan Kota Lama Semarang.

Sri Kusnaeni wisatawan asal Ciamis, Jawa Barat mengaku bahwa Angkringan Raden Bagus merupakan tempat yang enak buat nongkrong dan bersantai.

“Kota Lama sekarang memang Beda dengan dulu, sekarang lebih bersih dan tertata, banyak juga tempat kuliner sekarang. Seperti Angkringan Raden Bagus ini. Saya baru pertama kali lho nongkrong disini, dan langsung bisa mendapatkan suasana yang nyaman,” kata Sri, Kamis malam (9/6/2022).

Munculnya angkringan seperti ini di Kota Lama tak lepas dari kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Semarang. Kota Lama kini diubah menjadi kawasan wisata favorit dan lebih baik, bahkan terlihat indah.

Di tahun 2022 ini, kawasan Kota Lama Semarang dibanjiri wisatawan lokal dan pendatang dari luar Kota Semarang, serta turis mancanegara juga terlihat berlalu lalang di kawasan wisata sejarah ini.

Uniknya, di kawasan wisata Kota Lama Semarang, kini sudah banyak terdapat lapak-lapak kuliner sebagai pusat nongkrong untuk wisatawan. Salah satunya Angkringan Raden Bagus ini.

Tak hanya itu, Angkringan Raden Bagus juga memiliki keistimewaan yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama nongkrong di sini, yakni dengan adanya fasilitas Live Akustik persembahan dari Komunitas Seniman Semarang.

“Udah kayak di Bandung dan di Jogja, enak sih, asyik, ada live akustiknya juga. Dengan konsep plataran terbuka, duduknya di tiker, rame-rame, bisa melihat suasana Kota Lama dengan bersantai, bisa nyanyi-nyanyi, pokoknya nyaman banget,” ungkap Sri.

Kawasan Wisata Kota Lama Semarang, memang memiliki sejuta keunikan, seperti banyaknya bangunan-bangunan tua bersejarah yang masih berdiri kokoh di lokasi ini.

Beberapa tahun lalu, Kota Lama terlihat sepi, karena pengelolaan yang kurang baik, menjadikan objek wisata bersejarah ini terlihat kumuh dan sering banjir.

Angkringan Raden Bagus juga menyediakan fasilitas toilet dan tempat parkir yang cukup luas. Angkringan Raden Bagus buka setiap hari Selasa – Minggu pada pukul 16.00 – 00.00 Wib, sedangkan untuk hari Senin, Angkringan Raden Bagus tutup.

Bagi wisatawan yang hendak nongkrong disini juga tidak usah khawatir, selain aman, nyaman tempatnya, menu-menu yang ada disini juga serba murah meriah dan tidak bikin kantong bolong.

Kawasan Wisata Kota Lama Semarang, memang sudah sepatutnya kita jaga bersama, agar cagar budaya yang penuh dengan sejarah ini bisa terus exis, bersih dan selalu jadi favorit. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here