Pimpin Upacara HUT UNNES, Rektor Sampaikan Rasa Bangganya Terhadap Kampus yang Dipimpin

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat membuka upacara Dies Natalis ke-57 UNNES secara bauran daring dan luring di Gedung Auditorium Prof Wuryanto, Rabu (8/6/2022). (Foto. Humas Unnes)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus bertumbuh menjadi lembaga pendidikan yang berwibawa dan reputasinya diakui semakin luas baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pernyataan tersebut adalah ungkapan rasa syukur Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum yang disampaikan pada upacara Dies Natalis ke-57 UNNES secara bauran daring dan luring di Gedung Auditorium Prof Wuryanto, Rabu (8/6/2022). Prof. Fathur, menyampaikan ungkapan tersebut dengan penuh kebanggaan. Pasalnya, sebentar lagi UNNES akan segera memiliki rektor baru melalui pemilihan yang diadakan bulan ini.

Selain itu, Prof Fathur menyampaikan berbagai prestasi diraih UNNES. Salah satu prestasi yang masih segar dalam ingatan adalah ketika dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022 UNNES berhasil menjadi perguruan tinggi paling diminati di seluruh Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, UNNES juga telah meletakkan fondasi akademik dan kelembagaan yang mapan sehingga UNNES menjadi perguruan tinggi berkelas dunia kebanggaan Indonesia.

Tak hanya itu, Prof Fathur mengatakan pengakuan reputasi UNNES antara lain berasal dari UI Greenmetric yang menetapkan UNNES sebagai kampus terhijau peringkat 5 se-Indonesia dan peringkat 45 se-dunia.

Prof Fathur menambahkan, sejak 2016 UNNES berhasil meraih akreditasi institusi unggul dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Lima belas program studi telah meraih akreditasi internasional AQAS dan empat lainnya telah meraih sertifikasi AUN-QA. Alhamdulillahirobbilalamin, jumlah program studi yang terakreditasi A juga terus bertambah hingga persentasenya kini di atas 71 persen,” jelas Prof Fathur.

Dalam publikasi lembaga internasional 4ICU, UNNES menduduki peringkat 10 nasional, 22 Asia Tenggara, 96 besar Asia, dan 891 besar dunia. UNNES juga mendapatkan pengakuan dari QS Star Rating System sebagai perguruan tinggi berbintang dengan kecemerlangan akademik dan kepedulian sosial. Adapun Scimago Institution Ranking menempatkan UNNES pada peringkat 21 nasional.

Dari sisi kelembagaan dan tata kelola, UNNES juga terus mengukir berbagai prestasi yang menunjukkan kesiapannya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia. UNNES memperoleh penilaian wajar tanpa pengecualian selama 11 kali berturut-turut. Tahun 2021 UNNES juga menerima penghargaan sebagai Instansi Pemerintah Terbaik Sistem Akuntabilitas Kinerja kategori Perguruan Tinggi Negeri tahun anggaran 2021. UNNES uga sekaligus menjadi perguruan tinggi terbaik ketiga penilaian kinerja anggaran terbaik tahun 2021 kategori Badan Layanan Umum.

“Peringatan Dies natalis ke-57 UNNES ini dilakukan tidak hanya demi kepentingan mengikuti tradisi dan kelaziman, namun secara substantif dibutuhkan sebagai ajang introspeksi, retrospeksi, refleksi, dan melakukan proyeksi dalam mengembangkan UNNES menjadi agar menjadi perguruan tinggi kelas dunia,” ungkap Rektor UNNES.

Di akhir sambutannya, Prof Fathur mengatakan 57 Tahun UNNES telah mengabdi untuk bangsa. Itu bermakna bahwa UNNES telah menapaki rute yang cukup panjang dalam pengabdiannya pada tanah air tercinta ini.

“57 tahun bukanlah sekedar angka, namun perjalanan panjang dalam pendewasaan, peningkatan kemampuan dan ketangguhan diri dalam mengemban tanggung jawab dan memberikan kontribusi pada kejayaan bangsa. Selamat ulang tahun ke-57 UNNES tercinta, semoga semakin menginspirasi dan berkontribusi terdepan dalam kemajuan negeri. UNNES Cerdas Untuk Indonesia Emas,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini