Pertama Di Indonesia! Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung Kaca Terpanjang, Picu Andrenaline

(foto Twitter kemenPU)

SIGIJATENG.ID – Kementerian PUPR RI baru-baru ini memposting sebuah projek terbarunya yakni membangun jembatan kaca terpanjang pertama di Indonesia.

Jembatan kaca ini berlokasi di Seruni Point, Probolinggo, Jawa Timur. Untuk anda yang hobi memacu adrenaline, wajib banget untuk coba melintas di atas jembatan ini. Namun, kapan pastinya peresmian jembatan ini agar dapat digunakan untuk umum belum diumumkan oleh Kementerian PUPR.

Dengan lantai terbuat dari kaca, jembatan ini membentang di atas jurang berkedalaman 80-100 m. Jadi anda bisa langsung melihat ke jurang di bawahnya. Mantap sekali bukan?

Jembatan yang berkapasitas 100 orang dalam sekali jalan ini memiliki panjang 120 meter, lebar 1,8 meter dan lebar 3 meter pada bagian tengah jembatan. Anda tidak perlu khawatir. Meskipun terbuat dari kaca, jembatan ini aman banget!

Sistem struktur lantai atau deck jembatan merupakan kaca pengaman berlapis (laminated glass) yang terdiri dari minimal dua lembar kaca. Lembar-lembar kaca ini direkatkan satu sama lain dengan menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer) dengan total ketebalan 25,55 milimeter.

Tentunya jembatan ini dibangun dengan perhitungan perencanaan yang komprehensif sesuai standar yang berlaku. Dilakukan juga proses uji laboratorium sehingga jembatan ini aman untuk difungsikan buat para wisatawan.

Struktur jembatan dilengkapi double protection steel berupa baja galvanis yang dilapisi cat epoxy agar lebih tahan terhadap karat. Jembatan yang dibangun dengan tipe suspended cable ini mulai dikerjakan pada akhir September 2021 dan saat ini sudah rampung.

Jembatan ini dibangun dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata. Harapannya, dengan adanya jembatan unik ini, makin banyak yang berkunjung ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Yuk rencanakan wisata anda ke sini!

Seruni Point sendiri dimana jembatan itu dibangun merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya matahari pagi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Puncak Seruni Point yang ada di desa Ngadisari, kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, itu berada dalam satu kawasan dengan Gunung Bromo.

Selain dilengkapi dengan menara pandang, Puncak Seruni Point juga dilengkapi dengan 256 anak tangga. Jika melewati tangga itu, layaknya melewati anak tangga di tembok Cina.

(akhida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here