Permoci Cilacap Siap dengan Sukarela Daftar Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap Dewi Manik Imannury saat sosialisasi Permenaker No 5 tahun 2021 di Baruna Timur Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, Selasa (22/11/2022). (foto bpjs cilacap)

CILACAP (sigijateng.id) – Kelompok Pekerja Seni yang tergabung dalam Permoci (Perkumpulan Musisi Organ Cilacap) cukup antusias dan siap secara sukarela mendaftar keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disadari oleh mereka usai mengikuti sosialisasi Permenaker No 5 tahun 2021 tentang Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian oleh BPJS Ketenagakerjaan Cilacap di Baruna Timur Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, Selasa 22 November 2022.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap Dewi Manik Imannury mengatakan, hasil sosialisasi cukup positif, di mana anggota Permoci melalui koordinator akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Rencananya mereka akan mengikuti dua program untuk sektor informal, yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” kata Dewi usai sosialisasi.

Pihaknya cukup mengapresiasi Permoci yang cukup antusias atas sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan, yang mana cukup banyak pertanyaan yang muncul pada sosialisasi tersebut.

“Karena mereka juga sudah mengetahui bukti nyata melalui rekan kerja mereka yang mendapatkan manfaat ketika mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan,” dia menambahkan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat, masyarakat seharusnya sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan sebelum ada kejadian, seperti kejadian kecelakaan kerja dan meninggal dunia diluar kecelakaan kerja.

“Jangan mendaftarkan setelah kejadian. Kenapa? agar peserta menerima manfaatnya ketika mengalami kecelakaan kerja atau kematian,” tutup dia.

Koordinator Permoci Budi RS mengatakan, pihaknya menyambut positif atas ajakan untuk menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena selama ini rekan-rekan pekerja seni seperti tidak terpikir ketika terjadi kecelakaan kerja. Jadi ketika kerja dan ada yang kecelakaan, kita seringkali serkileran (saling bantu),” kata dia.

Oleh karena itu, dengan manfaatnya yang cukup besar hanya dari iuran sebesar Rp 16.800 setiap bulannya untuk setiap program, pihaknya siap untuk mendaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sangat positif ingin kerja sama (mendaftar) dengan BPJAMSOSTEK cilacap, karena sudah terbukti sudah banyak manfaatnya,” tutup dia. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini