Pererat Silaturahim dan Perkuat Sinergitas dengan Media, Sekretariat DPRD Jateng Lakukan Ini

press tour
Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Jawa Tengah Andi Susmono dan Sub Koordinator Publikasi Sekretariat DPRD Jawa Tengah Anif Maghfiroh saat acara press tour, kemarin. ( foto aris/sigijateng.id)

SEMARANG (sigijateng.id) – Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan bertajuk press tour dengan mengajak belasan awak media yang selama ini sudah bermitra dengannya.

Press tour digelar Kamis – Sabtu, tanggal 24-26 November 2022  dengan tujuan beberapa instansi / lembaga di Jogjakarta,  yakni ke Sekolah Tinggi Multi Media (STMM MMTC) Sleman, ke kantor redaksi Kadaulatan Rakyat (KR) di Kota Jogja, dan ke kantor DPRD Provinsi DI Jogjakarta.

Selain itu, para awak media juga diajak untuk melihat potensi dan kondisi tempat wisata alam Tebing Brexi Prambanan Sleman.

Turut serta dalam press tour tersebut Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Jawa Tengah Andi Susmono dan Sub Koordinator Publikasi Sekretariat DPRD Jawa Tengah Anif Maghfiroh.

Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Jawa Tengah Andi Susmono mengatakan tujuan press tour untuk meningkatkan tali silaturahim, meningkatkan kerja sama yang baik antara humas DPRD prov Jateng dengan wartawan atau media yang selama ini sudah menjalin hubungan yang baik.

“Kegiatan ini untuk saling memembuat sinergitas yang lebih baik. Berita berita yang selama ini dirilis oleh rekan rekan ini, akan memfasilitasi semua anggota DPRD Jawa Tengah baik itu anggota maupun para pimpinan dewan,” kata Andi Susmono dalam acara sesi dialog dengan wartawa saat press tour itu.

Ditambahkan Andi, kegiatan ini juga tentunya sebagai jembatan dari humas ini untuk membangun sebuah komitmen bersama,  agar berita-berita atau kegiatan-kegiatan  yang dilakukan di DPRD Jawa tengah ini dapat dirasakan atau diketahui oleh masyarakat melalui pers khususnya pers yang bermitra dengan setwan DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Harapannya, ke depan wartawan bisa lebih baik lagi baik lagi dalam memberikan berita. Media ini menjadi pemersatu antara anggota DPRD Jateng dengan masyarakat yang ada di Jawa Tengah ini,” terang Andi Susmono yang mengaku belum lama menjabat sebagai Kabag Humas Sekretariat DPRD Jateng ini.

Andi Susmono mengatakan media memiliki peran penting, antara lain sebagai sarana pendidikan politik. Terlebih menjelang tahun politik seperti sekarang, rawan akan adanya informasi liar yang bisa mengakibatkan gesekan di lapisan masyarakat. Dan pada tahun politik, yaitu tahun 2024 nanti potensi adanya berita hoax akan semakin besar.

“Peran media dalam dunia politik harus bisa memberitakan berita-berita yang membuat suasa adem yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan bangsa ini. Jangan memberitakan berita hoax,” pintanya.

Peran media lainnya, tambah dia, yakni sebagai fungsi kontrol, termasuk mengontrol terhadap kinerja anggota DPRD Jateng. Namun demikian, dalam melakukan control media harus bisa objektif, berimbang dan bertanggung jawab.

“Kalau baik ya beritakan baik. Kalau negative yang silahkan diberitakan, namun yang harus berimbang.  Jika ada berita miring atau negative atau berita-berita yang belum jelas kebenarannya, media bisa berkomunikasi atau klarifikasi lebih dahulu dengan kami,” kata dia.  

Sementara, Sub Koordinator Publikasi Sekretariat DPRD Jawa Tengah Anif Maghfiroh mengatakan kunjungan kali ini bersama dengan para wartawan

untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik terutama management pemberitaan media massa serta melihat proses produksi pemberitaan.

“Kegiatan seperti ini baru pertama kali ini dilakukan.  Dengan kegiatan ini, semoga jalinan kerja sama yang sudah terbangun antara kami dengan media, bisa semakin baik,” kata Anif.

Adapun rombongan press tour saat di STMM MMTC diterima oleh Ketua STMM MMTC Noor Izza, MSc, Pembantu Ketua Bidang Akademik Dr. Sudono MSc serta Ketua Jurusan Penyiaran Ari Mintarti SPT MSn.

STMM MMTC menjadi kampus yang mencetak tenaga handal di bidang penyiaran serta saat ini akan menjadi pusat digital.  

Kemudian saat berkunjung di kantor redaksi Harian Kedaulatan Rakyat (KR), rombongan diterima oleh Pemimpin Redaksi Octo Lampito.

Lalu pada saat berkunjung ke DPRD Provinsi DI Jogjakarta diterima oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD DIY, Pujiati dan staf. (aris)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here