Perbanyak Transaksi Cashless, Transaksi Tunai Bakal Disesuaikan

Aktifitas penumpang Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang di sebuah shelter. (Foto. IST)

Semarang (Sigijateng.id) –  Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang berusaha meningkatkan transaksi cashless dalam pembayaran yang dilakukan masyarakat.

Dari informasi yang dihimpun, bakal ada penyesuaian transaksi tunai agar transaksi cashless bisa bertambah. Salah satunya dengan penyesuaian tarif, yakni khusus transaksi tunai akan dinaikkan menjadi Rp 4 ribu, sementara transaksi non tunai masih tetap Rp 3.500.

“Sesuai arahan Pak Presiden RI Joko Widodo, pengguna transportasi didorong untuk menerapkan cashless. Kita masih persiapkan rencana ini, dengan mendorong transaksi cashless,” kata Kepala UPTD BLU Hendrix Setiawan, Kamis (26/5/2022).

Hendrix begitu ia disapa menjelaskan formula untuk meningkatkan transaksi cashless masih terus digodok. Salah satunya dengan penyesuaian tarif khusus untuk transaksi tunai, yakni sebesar Rp 4 ribu. Namun rencana ini masih terus dimatangkan salah satunya dengan menunggu turunnya Perwal.

“Ada penyesuaian tarif khusus tunai, naik Rp 500. Kita masih tunggu turunnya Perwal,” jelasnya.

Disinggung prosentase transaksi non tunai atau cashless di Trans Semarang, Hendrix menjelaskan masih cukup kecil. Angkanya rata-rata sebesar 10 sampai 15 persen perhari, sisanya masih menggunakan transaksi tunai.

“Dominasinya masih pada transaksi tunai, kita coba memberikan berbagai promo untuk transaksi cashless, termasuk dengan penyesuaian tarif ini,” tuturnya.

Terpisah, Alfa Narendra Perwakilan Masyarakat Transportasi Indonesia sekaligus pengamat transportasi dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengamini jika transaksi cashless saat ini harus ditingkatkan transportasi umum termasuk Trans Semarang.

Pria yang juga menjadi dosen Teknik Sipil di Unnes ini mendorong Trans Semarang bisa memberikan rangsangan kepada masyarakat dengan penyesuaian tiket untuk transaksi tunai.

“Mungkin harus ada selisih harga, misalnya kalau transaksi tunai harus bayar Rp 4 ribu dan cashless tetap Rp 3.500, nantinya pengguna Trans Semarang akan berpindah ke non tunai,” tuturnya.

Dengan cashless kata dia, selain lebih mudah dan cepat dari segi transaksi, transparansi transaksi bisa dimaksimalkan, sehingga minim kebocoran. Dengan penyesuaian tarif sebesar Rp 4 ribu atau naik Rp 500 untuk transaksi tunai, dianggap masih wajar dan tidak memberatkan.

“Kalau naiknya misalnya Rp 500 ini tidak akan menimbulkan gejolak. Apalagi dari data yang ada, pengguna Trans Semarang adalah pengguna rutin setiap hari,” katanya.

Pihaknya berpesan, jika memang jadi dilakukan penyesuaian tarif untuk menggenjot transaksi non tunai, idealnya Trans Semarang terus melakukan sosialisasi dan mempersiapkan sarana dan prasarana dengan baik.

“Harus ada sosialisasi dulu, karena nuwun sewu penggunaan Trans Semarang tidak semuanya mudeng pembayaran non tunai. Paling gampang ya pakai kartu, nah ini harus diperbanyak, termasuk alatnya,” pungkasnya. (Mushonifin)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini