Penuh Antusias, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Selenggarakan Webinar Kepenulisan

temanggung, antusias, mahasiswa, kkn, uin,

TEMANGGUNG (sigijateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) XIV Kelompok 17 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengadakan webinar kepenulisan dengan mengangkat pembahasan “Strategi Menerbitkan Artikel di Website dan Jurnal” pada Senin (25/07/2022).

Acara webinar ini diikuti kurang lebih 55 orang yang terdiri dari alumni dan mahasiswa UIN Walisongo lintas angkatan, hingga mahasiswa lintas universitas seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumatera Barat, dan beberapa instansi lainnya.

“Apresiasi besar tentunya kepada Kelompok 17, branding acara dan relasi dari panitianya membuat antusias peserta tidak hanya berasal dari UIN Walisongo saja, tapi ada beragam instansi di Indonesia yang turut hadir dan aktif berpartisipasi selama webinar berlangsung,” ungkap Yandi, salah satu peserta webinar asal UIN Walisongo.

“Saya kagum dengan partisipasi dan keaktifan yang luar biasa selama kegiatan webinar berlangsung, baik dari para mahasiswa hingga sarjana yang mengikuti kegiatan ini untuk belajar perihal tulis menulis.” Kata Riyan selaku pemateri webinar.

Lebih lanjut, Deny Satrio, sarjana Psikologi dari UNESA mengaku tertarik mengikuti diskusi karena pelatihan yang mengasah skill akademik semacam ini jarang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN.

“Selain saya suka terlibat dalam hal kepenulisan, ini menjadi ketertarikan sendiri karena umumnya KKN itu hanya menyelenggarakan seputar pemberdayaan masyarakat, penambahan untuk pengahasan skill menulis seperti ini jarang ditemui,” pungkas Deny.

“Kegiatan ini patut ditindaklanjuti, perhatian terhadap krisis kemampuan intelektual generasi era sekarang dalam hal menulis setidaknya bisa diminimalisir dengan menumbuhkan ghiroh menulis melalui diskusi-diskusi ilmiah” tambahnya.

Kedepan, Riyan berharap antusias partisipan tidak hanya berhenti sampai di webinar saja, namun menjadi awal untuk berkreasi dalam tulisan, dan mampu menghasilkan output berupa karya.

“Menulis itu memerlukan banyak aksi yang kontinuiti, ia harus digeluti, dan dieksekusi. Jadi saya berharap, teman-teman peserta webinar tidak hanya semangat ketika mengikuti webinar saja, tetapi juga bisa melahirkan karya-karya dengan ide gagasan cemerlang setelahnya,” tandas Riyan. (elviana-kknuinws/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini