Pengunjung Girpasung Klaten Terus Bertambah, Bupati Sri Mulyani Pesan Jaga Estetika

Gondola menjadi salah satu daya tarik wisatawan di di Girpasang, Klaten (Diskominfo Jateng)

KLATEN (sigijateng.id) – Bupati Klaten Sri Mulyani meminta agar pelaku usaha dan masyarakat di Girpasung  Kemalang Klaten menjaga destinasi wisata yang ada di daerahnya. Meningat saat ini, keberadaan Girpasung mulai dikenal masyarakat luas. Keberadaan Jembatan Gantung Girpasang yang membuka peluang ekonomi disana.

Hal itu disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani saat memberikan pengarahan kepada pelaku usaha yang ada di Girpasang, di Warung Omah Mbah Buyut Girpasang, 2 April 2022

Acara tersebut diikuti oleh pelaku usaha, warga dan jajaran Pemerintah Desa Tegalmulyo.

“Dengan jembatan ini ada perekonomian yang ada di Tegalmulyo atau Kecamatan Kemalang. Tumbuh perekonomian bapak ibu mengambil manfaatnya, munculah ekonomi-ekonomi para pedagang, pelaku kuliner, kafe, dan semua masuk,” kata Sri Mulyani, dikutip dari laman resmi pemkab Klaten, Selasa (5/42022).

Bupati juga meminta kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) agar selalu mensosialisasikan dan memberikan bimbingan arahan petunjuk kepada pelaku usaha. Dalam rangka mengedepankan estetika bangunan di Kampung Girpasang agar sedap dipandang.

Ia menegaskan maksud tujuan dalam menjaga estetika dan keseragaman bangunan, agar pertumbuhan ekonomi terus terjaga di kawasan Kampung Girpasang. Terlebih harus ada kesepakatan antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat Girpasang.

 “Bahwa jika ekonomi ini ingin berkelanjutan, tolong dijaga estetika bangunan itu penting sekali. Karena orang berekreasi itu melihat keindahan, melihat kebersihan akan menjadi sehat. Kalau sudah sehat tentunya kita akan bahagia. Fungsi orang ingin berekreasi adalah mencari kesehatan dan kebahagiaan,” pungkas Sri Mulyani.

Seperti diketahui, kini Girpasung menjadi destinasi wisata baru di Klaten, Jawa Tengah.

Awalnya banyak yang tidak menyangka, sebuah desa yang semula terpencil, berada di lereng Gunung Bibi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjadi ramai dikunjungi wisatawan.

Bahkan pada Maret 2022 lalu pendapatan dari kegiatan wisatawan di wilayah tersebut mencapai Rp75 juta per bulan.

Girpasung berada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Berada di paling ujung, desa ini memiliki keindahan panorama pegunungan.

Menarik dari Girpsung ini terdapat jembatan gantung dan gondola yang menjadi akses warga Dusun Girpasang, yang terpisah karena tebing, menjadi daya tarik tersendiri.

Ramainya orang yang berwisata, bermula saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Girpasang.

Pengalaman di Girpasang itu kemudian dibagikan Ganjar melalui akun media sosialnya. Akhirnya, banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke desa itu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur menuturkan bahwa impian warga untuk menjadikan Tegalmulyo sebagai desa wisata terwujud berkat Gubernur.

Baca Juga: Sibusah dan Sibasuh, Program Bupati Kebumen untuk Perhatikan Pondok Pesantren, Ini Penjelasannya

“Kita memang sudah lama ingin menjadikan desa wisata. Tapi itu terwujud berkat Pak Ganjar. Setelah berkunjung ke sini, akhirnya jadi ramai dan menjadi tempat wisata,” ungkapnya.

Subur berharap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa kembali berkunjung ke desanya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini