Pendaftaran Sekolah, Kuota PPDB Tingkat SMPN di Kota Semarang Terpenuhi

Plt Sekretaris Disdik Kota Semarang, Sri Rahayuningsih saat memberikan pernyataan, Jum'at (24/6/2022). (Foto. Disdik Kota Semarang)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang memastikan jika kuota siswa untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023 untuk tingkat SMP Negeri (SMPN) di Kota Semarang sudah terpenuhi.

Dari data sementara, kuota siswa sebanyak 11.352 orang jumlah siswa yang melakukan pra pendaftaran telah mencapai 16 ribu lebih. Diperkirakan jumlah pendaftar masih akan terus bertambah mengingat proses pra pendaftaran masih dibuka sampai Minggu (26/6/2022).

“Kondisi saat ini siswa yang melakukan pra pendaftaran sudah mencapai 16 ribu lebih dari kuota sebesar 11.352 yang disediakan. Saat ini prosesnya masih berjalan sampai Minggu,” katanya Plt Sekretaris Disdik Kota Semarang, Sri Rahayuningsih Jum’at (24/6/2022).

Sementara untuk tingkat sekolah dasar (SD) dipastikan masih kekurangan kuota, dari 14,364 pendaftar yang sudah terverifikasi diangka 12.825. Aning begitu ia disapa menerangkatan jika pihaknya masih akan terus memantau progres perangkingan yang saat ini masih dilakukan.

“Mungkin nanti ada sekolah yang peminatnya kurang, ataupun ada juga sekolah yang melebihi kuota. Nah kalau sekolah yang kurang siswa, akan diisi dengan pendaftaran offline setelah pengumuman online dilakukan,” tuturnya.

Aning menjelaskan, siswa yang tidak diterima di sekolah pilihan satu ataupun dua bisa mencari sekolah negeri lain terdekat yang kuotanya kurang. Ia menyebut pendaftaran offline bisa dilakukan orang tua siswa di luar zonasi. Pemkot kata dia, memiliki komitmen anak usia sekolah harus bersekolah sesuai jenjang yang ada.

“Intinya sekolah negeri menerima siswa jika kuotanya masih ada. Namun orang tua siswa juga bisa memanfaatkan sekolah swasta gratis yang digandeng Pemkot,” bebernya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here