Penanganan Kebakaran Wilayah Atas, Satpol PP Damkar Kendal Lakukan Hal Ini Dengan Daerah Tetangga

Satpol PP Damkar Kendal Gencar Sosialisasi Pencegahan Penanganan Kebakaran. Foto : Dok. Damkar_Kendal

Kendal (Sigijateng.id) –Dalam upaya pencegahan penanganan kebakaran di wilayah atas Kabupaten Kendal yang berbatasan dengan wilayah tetangga, Satpol PP Damkar Kendal melakukan upaya kerjasama dengan Satpol PP Damkar Kabupaten Temanggung.

“Tujuannya untuk memudahkan koordinasi saling membantu dalam hal pencegahan penanganan kebakaran jika terjadi di wilayah atas seperti di Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Patean dan sekitarnya. Begitu juga sebaliknya,” kata Sekretaris Satpol PP Damkar Kendal, Iwan Muhtadi, Rabu (9/11/2022).

Petugas Damkar Kendal saat melakukan upaya penanganan kebakaran rumah warga di wilayah atas Kecamatan Plantungan. Foto : Dok. Damkar_Kendal

Dikatakan, dengan mengandalkan petugas dari satu unit dinilai tidak akan mampu melakukan sendiri tanpa ada bantuan partisipasi dari pihak lain. “Makanya kita berusaha melakukan kerjasama dengan kabupaten tetangga dalam hal penanganan kebakaran,” tuturnya.

Iwan menyebut, jika wilayah atas Kabupaten Kendal banyak pemukiman warga yang jangkauannya jauh dari petugas unit sektor damkar seperti di Kecamatan Sukorejo maupun Patean. “Gerak cepat dalam hal pencegahan penanganan kebakaran sangat penting dan utama,” tegasnya.

Selain sosialisasi, lanjut Iwan, peran aktif masyarakat untuk menjadi relawan membantu penanganan pencegahan kebakaran juga sangat diharapkan. “Makanya tidak mungkin menunggu petugas dengan mengingat jarak tempuh. Untuk itu, kesediaan warga aktif terlibat membantu pencegahan lebih dini sangat penting,” harapnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat aktif berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun petugas setempat. Terutama dalam menghadapi dan menangani berbagai kebencanaan, baik kebakaran maupun lainnya.

“Kita ada nomor call center 112. Warga bisa menghubungi nomor call center tersebut,” imbuhnya.

Terpisah, Bagus Bimo Alit anggota Komisi D Fraksi Karya Nasional DPRD Kendal juga gencar melakukan sosialisasi mengenai penguatan pemberdayaan masyarakat dalam hal pencegahan penanganan kebakaran di sejumlah wilayah.

Dalam sosialisasi tersebut dilakukan bersama dengan Satpol PP Damkar Kendal selaku stakeholder dinas terkait terjun dari desa ke desa lainnya di seluruh Kabupaten Kendal. Seperti yang dilakukan di wilayah Kecamatan Sukorejo baru-baru ini.

“Peran aktif masyarakat sangat diharapkan. Tatkala menghadapi peristiwa kebakaran, warga sigap tanpa harus mengandalkan bantuan dari petugas. Kemandirian warga ini penting,” ujar Bimo.

Dalam menghadapi peristiwa bencana, lanjut Bimo, dirinya berharap warga mampu berkoordinasi dengan baik. Selanjutnya melaporkan setiap peristiwa yang terjadi ke petugas dan pemerintah daerah setempat.

“Kita ingin masyarakat menjadi relawan handal, membantu pemerintah daerah bersama-sama menciptakan persatuan dan kesatuan. Kesigapan dan peran aktif warga sangat penting, gotong royong membantu sesama sebagai wujud peduli kemanusiaan,” tandasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini