Pemprov dan DPRD Jateng Godok Raperda Disabilitas, Joko Haryanto Jadi Ketua Pansus

Rapat Paripurna DPRD Jateng di gedung Berlian, Rabu (6/7/2022). ( foto pemprov jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Pemprov Jateng bersama DPRD Jateng sedang mematangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyandang disabilitas.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Raperda yang sedang dibahas, terkait pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Ganjar senang karena Raperda tersebut mendapat sambutan baik dari DPRD Jateng.

“Mudah-mudahan ini akan bisa memperbaiki perda yang lama dan tentu saja semua akan menjadi tahu bahwa kesamaan hak wabil khusus soal aksesabilitas bisa berjalan dengan baik,” ujarnya usai Rapat Paripurna di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (6/7/2022).

Selagi membahas Raperda Penyandang Disabilitas, Ganjar sempat mengajak para anggota DPRD Jateng untuk menengok gelaran PeSONas yang sedang berlangsung.

“Tadi pagi saya melihat luar biasa semangat atlet-atlet muda. Nanti kita akan bisa merasakan berkomunikasi dan akhirnya dalam perda ini kita harapkan nanti bisa menjadi kebijakan publik,” ujarnya.

Raperda Penyandang Disabilitas ini, kata Ganjar, diharapkan bisa memberi kemudahan aksesibilitas lebih banyak bagi mereka. Seperti akses bangunan, jalan, usaha hingga pendidikan.

Sambil menunggu Raperda itu, Ganjar mengatakan terus melibatkan kekuatan di luar pemerintah. Antara lain CSR, kelompok komunitas peduli sampai dengan Baznas.

“Dan kita sudah melatih beberapa disabilitas, senang sih saya melihat mereka semangatnya luar biasa,” ujarnya.

Salah satu pelatihan yang berjalan, kata Ganjar, dilakukan dengan menggandeng Baznas dan dilaksanakan di SMK Jateng.

“Nah dengan perda ini harapan kita ya legalitasnya ada, kebijakan publiknya nanti muncul dan kita harapkan nanti keluar dalam politik anggaran juga,” tandasnya.

Rapat membahas Raperda Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas tersebut dibuka Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono didampingi Wakil Ketua DPRD Quatly Abdulkadir Alkatiri.

Dalam rapat paripurna hari ini, Anggota DPRD yang hadir sejumlah 83 orang dari total 119 Anggota Dewan.

Usai Ganjar menyampaikan pandangannya, dilanjutkan dengan pembentukan Pansus III Raperda Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Ferry mempersilahkan Pansus III untuk menentukan ketua dan wakil ketua pansus.

Setelah dilaksanakan rapat singkat, Anggota Pansus III Sidi Mawardi dari Fraksi Partai Golkar membacakan laporan hasil rapat. Dalam laporan itu disampaikan, Joko Haryanto dari Fraksi Partai Demokrat diputuskan sebagai Ketua Pansus III dan Wakil Ketua Pansus III dijabat Umar Utoyo dari Fraksi Partai Gerindra.

Agenda berikutnya penyerahan laporan hasil reses dari fraksi-fraksi kepada Pimpinan DPRD (Pimwan) dan gubernur. Penyerahan laporan itu diawali dari Fraksi PDI Perjuangan, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, dan terakhir dari Partai Demokrat. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here