Pemkot Semarang Pastikan Blacklist Kontraktor Gagal Laksanakan Proyek

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi saat berkeliling gedung baru inspektorat beberapa waktu lalu. (Foto: Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Beberapa proyek strategis Pemerintah Kota Semarang tahun 2021 yang alami gagal bangun akibat masalah permodalan yang dihadapi para kontraktor langsung ditindaklanjuti tahun 2022.

Proyek-proyek gagal bangun tersebut diantaranya jembatan kaca di Hutan Wisata Tinjomoyo, Puskesmas Bulusan, dan SMPN 41 Gunungpati.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan proyek-proyek tersebut akan dilelang kembali di tahun 2022 ini setelah kontraktor pemenang lelang yang tak mampu menyelesaikan proyek tersebut diblacklist.

“Ya jembatan Tinjomoyo tahun ini kita lelang kembali kemudian yang Puskesmas Bulusan juga tahun ini bisa dilaksanakan lelangnya,” jelas Walikota, Rabu (12/1/2022).

Pria yang akrab disapa Hendi mengatakan faktor utama gagal bangun proyek-proyem tersebut karena deviasi (selisih) anggaran dan penawaran pemenang lelang terlalu tinggi sehingga di lapangan kontraktor tak sanggup melaksanakan proyek.

“Berkaca dari beberapa pengalaman yang ada, beberapa kontraktor yang sudah kelihatan deviasinya tinggi sehingga tidak sesuai target,” jelasnya.

Walikotapun mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran kembali untuk pelaksanaan proyek tersebut.

“Temen-temen telah mempersiapkan anggarannya di Tahun 2022 ini,” tandasnya.

Hendi berharap jangan sampai kejadian proyek gagal terulang kembali.

“Jadi saya rasa beberapa pekerjaan yang belum tuntas di 2021 bisa ditekan tahun 2022 ini,” ujarnya.

Sementara itu, kontraktor yang gagal memenuhi target pembangunan akan dikenai sanksi satu tahun blakclist.

“Sudah, sudah pasti sudah bisa di blacklist, kalau menurut aturan blacklistnya satu tahun penganggaran, jadi itu kawan-kawan mengikuti aturan tersebut perusahaan-perusahaan yang di-blacklist itu rata-rata 1 tahun,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here