Pemkot Semarang Kirim Relawan dan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Acara pemberangkatan relawan dan pengiriman bantuan untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa, Jum’at (2/12/2022) di depan Gedung P3DN Balaikota Semarang. (Foto Humas Pemkot Semarang)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Plt Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memimpin apel pelepasan relawan dan pengiriman bantuan untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa, Jum’at (2/12/2022) di depan Gedung P3DN Balaikota Jalan Pemuda Kota Semarang. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang telah membuka posko bantuan mulai tanggal 25 November hingga 1 Desember lalu. Dalam kurun waktu tersebut bantuan yang terkumpul tidak hanya dari masyarakat Kota Semarang tetapi juga dari beberapa wilayah di Jawa Tengah.

“Mestinya kemarin tanggal 1 harusnya berangkat ke Cianjur tapi mundur jadi hari ini (tanggal 2 Desember). Tapi Alhamdulillah nambah yang kemarin di angka Rp200 juta sekarang sudah mencapai 300-an juta. Ini adalah satu wujud kepedulian masyarakat Kota Semarang bersama-sama yang dikumpulkan dan hari ini akan dikirimkan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak,” tutur Mbak Ita, sapaan akrab perempuan tersebut.

Bantuan yang berhasil dikumpulkan oleh posko bantuan Pemkot Semarang berupa uang tunai sebesar Rp 314.375.000,-, bahan makanan, hingga barang-barang. Beberapa di antaranya adalah 1.675 kg beras, 1.367 kardus makanan siap saji, 562 dus susu bayi, 2.357 dus pampers bayi dan dewasa, 13 tenda terpal dan lain-lain. 

“Sebelumnya saya sampaikan jangan hanya bahan-bahan mentah saja karena masyarakat yang terkena dampak ini tidak hanya di wilayah perkotaan seperti ini tapi yang di gunung-gunung dan lembah sehingga mereka pasti membutuhkan yang segera bisa dimakan. Karena kalau menunggu dari dapur umum harus mengikuti waktu yang sudah ditentukan. Tapi namanya manusia kan kadang-kadang lapar di tengah-tengah antara pagi dan siang atau siang ke malam. Makanya kebutuhan yang kita berikan ini ada bantuan siap saji seperti sarden, kornet, telur asin, abon dan juga biskuit. Termasuk juga susu. Anak-anak di bawah satu tahun butuh susu untuk asupan gizi. Tidak lupa pembalut, pempers dan juga tenda,” jelas Mbak Ita.

“Dan kemarin kami mendapat info masih banyak masyarakat yang membutuhkan apalagi ada gempa susulan lagi. Sehingga diharapkan ini masih sebagian yang kita sumbangkan tapi tidak menutup kemungkinan kalau ada tambahan-tambahan yang dibutuhkan kami akan siap melakukan penggalangan lagi untuk masyarakat di sana,” lanjut Mbak Ita.

Dalam pendistribusian bantuan ke Kabupaten Cianjur, Pemkot Semarang berkoordinasi dengan BPBD Kota Semarang, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Dinas Sosial Kota Semarang, Bagian Rumah Tangga Setda, dan Masyarakat Chinese Jawa Tengah Indonesia. Total ada empat armada truk yang digunakan untuk mengangkut seluruh bantuan yang ada.

“Salam kepada masyarakat Cianjur. Terima kasih kepada panjenengan semua. Semoga berkah untuk panjenegan semua, teman-teman OPD, BUMN, BUMD, para donatur, para relawan yang sangat support demi kelancaran. Kita doakan selamat sampai tujuan hingga kembali ke Kota Semarang,” tutup Mbak Ita. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini