Pastikan Stok Vaksin Tercukupi, Dinkes Kota Pekalongan Tingkatkan Capaian Vaksinasi Covid-19

Dinkes Kota Pekalongan melaksanakan kegiatan tuntas vaksin di Eks Kelurahan Sokoduwet, Selasa (11/01/2022). (Foto : Dok. Dinkominfo Pemkot Pekalongan)

Kota Pekalongan (Sigi Jateng) – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan yang terus meningkat, capaian tersebut tak luput dari upaya pemerintah setempat yang tiada hentinya menggelar kegiatan vaksinasi untuk masyarakat di beberapa wilayah Pekalongan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Dr. Slamet Budiyanto, lebih lanjut ia merinci data capaian vaksin dosis satu di Kota Pekalongan per tanggal 10 Januari 2022 mencapai 96.3 persen dan untuk dosis dua sebesar 68 persen.

Budiyanto menjelaskan pergerakan laju vaksinasi lansia dalam tiga pekan terakhir berjalan lambat, “Untuk lansia saat ini stuck, jalannya sangat lambat jadi selama tiga minggu ini kita masih bertahan di angka 67 persen kemudian untuk vaksinasi anak sudah mencapai 38 persen,” jelas Budiyanto, Kamis (13/01/2022).

Melihat adanya keterlambatan laju vaksinasi pada lansia, Budiyanto berharap pemerintah kota Pekalongan terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat sehingga dapat memudahkan para lansia untuk vaksinasi.

“Jadi memang kalau bisa pelayanan itu tidak hanya di fasyankes saja tetapi di tempat yang dekat dengan warga, jadi kita lebih mendekatkan pelayanan kepada warga,” sambung Budiyanto.

Sementara itu, Budiyanto menyebutkan stok vaksin ada sebanyak 80.000 dosis, stok tersebut diharapkan dapat mengcover vaksinasi dosis dua dan vaksinasi anak, “Stok vaksin 80.000 ada, ini untuk mengcover dosis dua yang mana kemarin untuk gebyar vaksin itu juga butuh vaksin banyak,” jelasnya.

“Untuk vaksin anak kita baru 38 persen masih ada sekitar hampir 20.000 untuk anak-anak dosis satu, dosis dua 29.000 untuk bulan berikutnya,” imbuhnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here