Pantaskah yang Muda Menasehati yang Tua, Simak Penjelasan Mamah Dedeh

Mamah Dedeh. (foto Thumbnail kanal YouTube Curhat Mamah Dedeh)

SIGIJATENG.ID – Pendakwah Mamah Dedeh menjawab pertanyaan seorang jamaah mengenai apakah diperbolehkan seseorang yang lebih muda memberi nasehat kepada seseorang yang lebih tua, sebab kebanyakan masyarakat kita merasa hal tersebut dianggap kurang sopan.

Penjelasan Mamah Dedeh diunggah oleh kanal YouTube Curhat Mamah Dedeh pada tanggal 9 November 2022.

“Pantaskah seseorang yang muda menasehati orang yang lebih tua? Masyaallah kita hidup di alam dunia tidak ada manusia yang sempurna al insanu mahalul khoto wa nisyan , manusia tempatnya salah dan tempatnya lupa, belum tentu walaupun usianya lebih tua, ia lebih baik, kalau dianggap orang yang muda pasti jelek ini tidak sedikit kenyataannya di masyarakat kita banyak orang yang tua tapi maaf, masih melakukan kesalahan dalam tanda kutip.” Jelas Mamah Dedeh.

“Banyak juga orang yang muda dia berlaku baik. Maka tugas kita saling nasehat menasehati, maka tugas kita wal asri innal insaana laafii khusrin illa ladzina amanu wa amilus solihati watawa saubil haq watawa saubis sobr demi waktu, manusia semuanya merugi kecuali orang-orang yang beriman, yang beramal saleh. Orang yang saling nasehat menasehati dalam kebenaran yang saling nasehat menasehati di dalam kebenaran, wajib saling menasehati.”

Bagaimana yang muda dengan yang tua? Dalam QS Al Anam ayat 74

۞ وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ لِاَبِيْهِ اٰزَرَ اَتَتَّخِذُ اَصْنَامًا اٰلِهَةً ۚاِنِّيْٓ اَرٰىكَ وَقَوْمَكَ فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

Terjemahan: Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada ayahnya Azar, ”Pantaskah engkau menjadikan berhala-berhala itu sebagai tuhan? Sesungguhnya aku melihat engkau dan kaummu dalam kesesatan yang nyata.”

Walaupun dia jauh lebih tua dari kita. Kita wajib menegurnya, Hai orang yang beriman, jaga diri kalian jaga keluarga kalian dari panasnya api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan juga batu.

Wajib saling menasehati. Kalau mereka, orang tua kita, atau siapa yang lebih tua dari kita mengajak kepada kesyirikan tetapi kita harus taat kepada mereka harus menghormati di alam dunia, tapi perintah sebaiknya kita jangan melakukannya. Coba anda lihat QS Al Lukman ayat 15

وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًا ۖوَّاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيَّۚ  ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ 15.

Artinya: Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

“Di alam dunia kita tetap berbuat baik, walaupun mereka tidak satu aqidah, ini perintah kalau dalam ayat ini Allah perintahkan kepada kita kalau orang tua tidak satu aqidah kita wajib hormat apalagi yang satu aqidah.”

Ada banyak contoh dalam Alquran yang mewajibkan kita untuk saling menasehati, walaupun yang dinasehati lebih tua dan yang menasehati lebih muda. (akhida)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here