Pantai Indah Layur, Tempat Wisata Baru di Lasem Rembang yang Langsung Disebut Pengunjung

Penampakan Pantai Indal Layur Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem Rembang, yang baru dirilis belum lama ini. ( foto kominfo pemkab rembang)

REMBANG (sigijateng.id) – Muncul tempat wisata pantai di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Wisata pantai baru itu bernama Pantai Indah Layur, yang disingkat PIL.

Pantai Indah Layur (PIL) berada di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem Rembang. Sebelumnya, Desa Gedongmulyo sudah memiliki wisata pantai yang sudah terkenal yakni pantai Caruban.

Jika pantai Caruban berada di wilayah barat desa, PIL terletak di wilayah timur, berbatasan dengan Desa Dasun. Selain bisa menikmati suasana pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan. PIL diyakini akan menjadi tempat wisata alternatif yang akan dipenuhi pengunjung.

Pantai Indah Layur (PIL) ini juga sudah dirilis oleh Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ beberapa hari lalu. Begitu rilis, sudah banyak orang yang berkunjung di pantai ini.

Dari kedatangan wisatawan itu, belasan orang pedagang di sana, yang merupakan warga sekitar telah memetik hasilnya.

Warga setempat, Nor Rohman yang kini membuka lapak di pantai tersebut, menyampaikan sejumlah kuliner dijual di sekitar pantai, seperti pecel, lontong tahu, dan minuman. Ke depannya, dia juga akan menjual makanan berbahan dasar ikan, seperti anjuran dari pemkab untuk membantu dalam menekan angka stunting.

“Rencana, nanti semua masyarakat Layur akan ada jualan hasil laut, misale ikan panggang, rajungan, dan ikan asin, dan hasil laut lainnya,” ungkap dia, saat ditemui di PIL, Senin (20/6/2022), dikutip dari jatengprov.go.id.

Ketua I Pengelola PIL Wephi Asprilicho menyampaikan, pihaknya berupaya membuat konsep yang berbeda dengan Pantai Caruban. Selain membangun gazebo, juga menyediakan kursi malas berbahan kayu, dan di sebelahnya ditancapkan payung besar. Pihaknya memanfaatkan limbah kayu yang dicat putih dan ditempatkan di taman.

Selain itu, di PIL juga telah digelar turnamen voli pantai, sehingga event ini dapat menjadi ajang untuk promosi atau memperkenalkan pantai yang baru dibuka ini.

Ditambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan penataan warung, pembuatan spot-spot foto, dan pembenahan parkir. Khusus warung, pihaknya berusaha bagaimana posisinya tidak menutup pemandangan pantai.

Lebih lanjut, Wephi menuturkan, PIL akan dibuat berbeda dengan Pantai Caruban, sehingga dapat meningkatkan daya tarik. Di pantai ini, memiliki jarak dari bibir pantai yang lebih panjang, yang akan dimanfaatkan untuk pembuatan wahana permainan anak-anak, termasuk akan dibangun kolam pemandian anak-anak.

“Rencana jangka panjangnya, parkir kita tempatkan di lokasi sebelum masuk kampung Layur. Untuk ke lokasi Pantai Indah Layur, pengunjung naik perahu melalui sungai, seperti susur sungai,” ungkapnya.

Selanjutnya, imbuh Wephi, ketika meninggalkan pantai menuju tempat parkir, wisatawan akan naik kereta wisata. Nantinya, selama perjalanan menuju lokasi parkir, wisatawan bisa melihat tambak garam, tempat pemanggangan ikan.

“Nanti kalau perjalanan ke parkiran, wisatawan bisa saja melihat secara langsung cara pembuatan garam, proses pemanggangan ikan atau cara membuat jaring nelayan,” tandasnya.

Sebagai informasi, untuk menuju PIL, dari pusat Kota Rembang sekitar 13 kilometer. Jika dari gapura Desa Gedongmulyo yang ada di seberang jalan Kantor Polsek Lasem, ke utara kurang lebih tiga kilometer.

Adapun tiket masuk ke PIL, cukup membayar parkir kendaraan saja, untuk sepeda motor Rp2.000, sedangkan kendaraan roda empat, sebesar Rp5.000. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini