Mulai Gelar Vaksinasi Booster, Kulonprogo Targetkan 5.000 Orang Sudah Divaksin Hingga Akhir Januari Ini

Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini menjalani screening sebelum mendapatkan vaksinasi tahap ketiga di Aula Polres Kulonprogo, Kamis (13/1/2022). (Foto : Humas Polres Kulonprogo)

Kulonprogo (Sigi Jateng) – Kegiatan vaksinasi dosis ketiga atau booster mulai dilaksanakan di Kabupaten Kulonprogo. Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menargetkan pada akhir Januari 2022 ini sudah ada sebanyak 5.000 orang yang divaksin.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana mengatakan, vaksinasi dosis ketiga ini menyasar lansia, pelayanan publik dan masyarakat rentan. Vaksinasi dilayani di RSUD Wates, RS Nyi Ageng Serang dan juga di klinik Bhayangkara Polres Kulonprogo dan Klinik Kartika Kodim Kulonprogo.

Sedangkan di puskesmas lebih fokus untuk menuntaskan vaksinasi dosis pertama dan kedua. “Sesuai arahan Kementerian Kesehatan, setelah nakes (tenaga kesehatan) dan relawan kami menyasar lansia dan penderita komorbid,” kata Fajar, Kamis (13/1/2022).

Dikatakan, targetnya pada akhir bulan nanti sudah ada 5.000 yang divaksin dosis ketiga. Setiap hari ada 500 dosis dengan pembagian 300 di RSUD Wates dan 200 di RSUD Nyi Ageng Serang. “Untuk puskesmas bisa dilayani tapi fokusnya untuk menuntaskan vaksinasi dosis 1 dan 2,” katanya.

Vaksin booster ini lanjut Fajar, merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Apalagi saat ini ada varian baru Omicron dengan tingkat penularan yang lebih tinggi. Untuk itulah masyarakat diminta untuk disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

“Harapannya tahun ini sudah menjadi daerah endemi, tetapi karena masih ada kasus sehingga masih sebagai darah pandemi. Untuk menghindari kerumunan silakan mendaftar dan akan dijadwalkan,” katanya.

Fajar yang juga menjabat Gugus tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo ini juga minta satgas yang ada di desa untuk mengaktifkan kembali tempat karantina. Harapannya ketika ada pemudik agar dikarantina sebelum berkumpul dengan keluarganya.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, di Polres Kulonprogo vaksinasi dilaksanakan di Aula Polres Kulonprogo menyasar 215 personel, termasuk Kapolres AKBP M Fajarini dan Wakapolres Kompol Sudarmawan. Vaksinasi dilaksanakan dua hari sampai besok pagi. “Kami bagi selama dua hari mulai hari ini dan besok” kata Kapolres. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here