Mudah, Begini 5 Cara Ampuh Atasi Bibir Pecah-Pecah

Cara Ampuh Atasi Bibir Pecah-Pecah (foto : freepik.com)

SIGIJATENG.ID – Bibir merupakan bagian tubuh yang unik dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Pasalnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembabannya. Oleh karena itu, paparan sinar matahari bisa membuat bibir menjadi kering atau pecah-pecah.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami bibir pecah-pecah. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, bibir yang kering dan pecah-pecah juga rentan berdarah dan menyebabkan luka.

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah ini, jangan khawatir. Dilansir dari Alodokter, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya bibir pecah-pecah.

Simak ulasan berikut ini!

  1. Hindari menjilat bibir

Kamu sering mencoba melembabkan bibir dengan cara menjilatnya? Jika iya, maka mulai sekarang belajar untuk hindari kebiasaan tersebut.

Sebab kenyataannya bahwa air liur yang menguap hanya dapat membuat bibir semakin kering yang akhirnya bisa mengakibatkan bibir mudah pecah-pecah. Selain itu, menjilat bibir justru bisa menyebabkan bibir gatal.

  1. Gunakan Lip Balm

Penggunaan pelembab bibir atau lip balm juga dapat mencegah kondisi bibir pecah-pecah, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

  1. Hindari pemicu alergi

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi, karena kondisi bibir pecah-pecah juga bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi tubuh terhadap suatu zat.

  1. Minum air putih

Air putih memang sangat dibutuhkan tak hanya bagi kesehatan tubuh melainkan juga untuk membantu melembabkan kulit, termasuk kulit bibir. Jika bibirmu pecah-pecah, maka kemungkinan besar hal itu karena kulitmu kurang terhidrasi.

Adapun cara untuk menjaga hidrasi tubuh adalah dengan minum air putih yang cukup setiap harinya. Dalam hal ini, minimal 8 gelas air putih per hari.

  1. Perhatikan pemakaian obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah, seperti obat pereda nyeri, antihistamin, dan obat jerawat. Namun, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui secara pasti mengenai efek samping obat-obatan tersebut. Jika sangat mengganggu, dokter akan mempertimbangkan alternatif obat lain.

Nah itu dia 5 cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya bibir pecah-pecah. Semoga bermanfaat!(dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini