Miliki Banyak Manfaat hingga Jadi Favorit Makanan Buka Puasa, Berikut Ini Tips Menyimpan Kurma Agar Terjaga Kualitasnya

Ilustrasi buah kurma. Foto : pixabay.com

Sigijateng.id – Buah kurma sampai saat ini masih menjadi makanan favorit untuk buka puasa. Terlebih Baginda Rosull Nabi Muhammad SAW juga sangat suka dengan buah yang satu ini.

Iya bagaimana tidak, buah asal Timur tengah tersebut memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bila Anda sulit buang air besar, maka melahap kurma bisa menjadi solusi penting. Kurma juga dapat menurunkan risiko terkena stroke karena memiliki kandungan kalium.

Menurut Dr Louis Tobian Jr, pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University Amerika Serikat, kurma bisa menurunkan tekanan darah dan memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

Ia menambahkan, kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, dan kalium dalam jumlah cukup banyak.

Selain itu, buah ini memuat berbagai zat gizi lainnya, yaitu zat besi, vitamin B1, dan asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung.

Namun untuk mendapatkan kurma yang berkualitas, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Termasuk cara memilih dan menyimpannya. Berikut Okezone rangkumkan ulasannya, sebagaimana dikutip dari buku Tips Memilih & Menyimpan Buah-Buahan, karya Catur Andrianto.

  1. Pilih kurma yang memiliki ukuran cukup besar, terlihat segar, bersih dan tidak berbau aneh. Selain itu, pastikan selaput kulit ari terluarnya tidak rusak.
  2. Pilih kurma yang memiliki warna normal yakni, cokelat merah kekuningan. Selain itu, kurma yang baik memiliki tekstur halus dan tidak lengket saat dipegang (tidak ada cairan pada kulitnya).
  3. Simpan buah kurma di dalam wadah yang memiliki suhu ruangan yang cukup untuk udara. Cara ini akan membuat kurma bertahan selama seminggu.
  4. Perlu diketahui buah kurma yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan hingga enam bulan. Sedangkan kurma yang dibekukan bisa bertahan selama satu tahun. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini