Meski Rasanya Pedas! Inilah 5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Ilustrasi (Foto : Pixabay.com)

SIGIJATENG.ID – Semua orang tidak asing lagi dengan Cabai. Jika mengingat kata cabai, pasti yang diingat hanyalah rasa pedas yang ditimbulkannya. Walau begitu, ternyata cabai punya beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh lho!

Cabai mengandung berbagai senyawa yang berperan sebagai antioksidan, seperti capsaicin, karotenoid, violaxanthin, dan lutein. Selain itu, cabai juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Akan tetapi, sebaiknya jangan mengkonsumsi cabai terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Dilansir dari Alodokter, Jika dikonsumsi secukupnya, ada beragam manfaat cabai yang bisa diperoleh, antara lain:

  1. Mengatasi hidung tersumbat

Salah satu manfaat cabai yang bisa langsung dirasakan adalah melegakan hidung tersumbat. Karena sensasi pedasnya, konsumsi masakan yang mengandung capsaicin, bisa meredakan pembengkakan dalam saluran napas dan mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

  1. Mengatasi Nyeri

Tidak hanya dapat meredakan hidung tersumbat, kandungan capsaicin ini juga bisa meredakan rasa sakit. Maka tidak heran, berkat kandungan capsaicin ini kerap digunakan sebagai bahan salep atau krim pereda nyeri otot dan sendi. Kamu mungkin juga bisa merasakan sensasi panas saat mengoleskan salep atau krim yang mengandung capsaicin agar nyeri otot bisa berkurang.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cabai memiliki kandungan vitamin C yang melimpah, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi atau penyakit tertentu.

  1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi cabai ini juga bisa menurunkan berat badan karena adanya kandungan capsaicin. Zat tersebut bisa mengurangi efek nafsu makan dan juga meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

  1. Melawan radikal bebas

Kandungan capsaicin dan vitamin C di dalam cabai juga memiliki efek antioksidan dan anti radang dalam tubuh. Efek ini mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas berlebih, yang dapat memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung.

  1. Mencegah penyakit kanker

Capsaicin pada cabai, karotenoid pada cabai merah, dan violaxanthin pada cabai kuning juga diketahui dapat melawan sel kanker karena bersifat antioksidan. Dalam sebuah penelitian, kandungan antioksidan pada cabai mampu membunuh beberapa sel kanker, termasuk kanker usus besar, hati, paru-paru, dan pankreas. Namun, manfaat cabai dalam mengobati kanker dan keamanannya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Nah itu dia 6 manfaat cabai untuk kesehatan tubuh. Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsi cabai tetap perlu berhati-hati. Bagi sebagian orang, terutama penderita sindrom iritasi usus besar, konsumsi cabai justru bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Semoga bermanfaat! (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini