Meriah! Warga Bangkle Blora Antusias Berebut Gunungan Grebeg Kelurahan

Warga Bangkle Blora Antusias Berebut Gunungan, Rabu (7/6/2022) (foto:agung/sigijateng)

Blora (Sigijateng.id) –Ratusan warga Kelurahan Bangkle, Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah antusias berebut dua gunungan, saat acara Grebek Kelurahan ke 243, yang di gelar di makam leluhur Astana Sentana Putra.

Bagi masyarakat setempat, acara rebutan gunungan sedekah bumi yang digelar setiap setahun sekali tepat Rabu Kliwon itu, dengan maksud untuk ngalap berkah (mendapat berkah) setelah didoakan oleh modin atau sesepuh Kelurahan setempat.

Salah satu warga yang ikut berebut gunungan berisi sayuran itu mengaku mendapatkan sayuran dan buahan tersebut nantinya untuk di masak dan dimakan keluarga agar sejahtera dan lancar rejekinya.

“Dapat banyak, ada sayuran jeruk. Nanti untuk dimasak dan pakan ayam. Iya, harapannya agar warga Bangkle, Blora sejahtera, lancar rejekinya,” ujar Siti Masruroh, Rabu (8/6/2022).

Kepala Kelurahan Bangkle Andy Nur Rohman, mengatakan ini acara seperti ini baru pertama kali digelar setelah terhenti selama dua tahun karena pandemi. Acara grebek Kelurahan atau sedekah bumi ini dilaksanakan setiap tahun pada Rabu Kliwon.

Warga sangat antusias karena kemeriahan acara grebek Kelurahan tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran ada kirab budayanya.

“Acara diawali dengan berbagai kegiatan, mulai dari kerja Bakti, gotong royong, pengajian kirab pusaka, kirab budaya ziarah ke makam Lurah terdahulu, dan terakhir ke makam mbah Sentono,” kata Lurah Bangkle, Andy.

Andy menambahkan, tujuan dari pada grebek desa itu agar ada kesejahteraan khususnya rakyat Bangkle umumnya masyarakat Blora.

“Grebek Kelurahan ini tujuan utamanya adalah gotong royong. Mulai masyarakatnya, lembaganya maupun pemerintahnya. Semuanya harus kompak,” imbuhnya. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini