Mentan Syahrul Yasin Limpo Temui 100 Perempuan di Hotel Gets, Ada Apa?

Suasana Bimbingan Teknis Fasilitas Pembiayaan Petanian oleh Kementerian Pertanian di Gets Hotel Semarang pada Selasa (5/7/2022) hingga Rabu (6/7/2022). Dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

Semarang (Sigijateng.id) – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo memimpin Bimbingan Teknis Fasilitas Pembiayaan Pertanian oleh Kementerian Pertanian di Gets Hotel Semarang pada Selasa (5/7/2022) hingga Rabu (6/7/2022).

Syahrul menyapa langsung para peserta yang berjumlah 100 orang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Menariknya, seluruh peserta adalah perempuan yang tergabung dalam organisasi Perempuan Tani.

“Pertanian adalah bagian dari human care, jika makanan bagus maka tak gampang sakit. Makanan menjadi sangat penting, makanan adalah bagian dari kesehatan. Makanan adalah ekonomi yang harus berguna. Makanan adalah sumber utama yang menghasilkan industri,” terang Syahrul dalam sambutannya.

Kepada para peserta, Syahrul juga menegaskan bahwa paradigma pertanian saat ini sudah berubah yaitu tak perlu memiliki lahan besar serta berkotor-kotoran. Bahkan produk pertanian kedepannya dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku pembangkit listrik.

Para peserta pelatihan merupakan perempuan petani dari berbagai daerah di Jawa Tengah. “Pertanian adalah media strategis yang dibutuhkan semua orang, dan semua pihak. Dan kalian hari ini berlatih untuk melihat pertanian lebih baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Petani Perempuan yang hadir pada kesempatan ini Chairina Ulfah mengucapkan terimakasihnya pada Kementerian Pertanian yang telah memberikan pelatihan kepada para perempuan petani.

Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan taraf hidup para perempuan petani di Jawa Tengah.

“Kita tahu bahwa sebagian sektor pertanian didominasi oleh laki-laki. Maka akan lebih maksimal jika para perempuannya mendapatkan pelatihan agar dapat mendorong produktivitas serta taraf hidup keluarga petani,” tegasnya.

Para peserta pelatihan juga memamerkan berbagai produk UMKM yang berasal dari produk pertanian. Mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga makanan olahan siap saji.

Bimbingan teknis Kementerian Pertanian ini merupakan program nasional yang telah digelar di beberapa wilayah. Setelah di Jawa Tengah, program ini akan terus berlanjut dan menyasar para perempuan tani di provinsi lain. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here