Menggairahkan Pertunjukan Wayang Kulit Pasca Pandemi

anggota DPRD Jateng Supriyanto menjadi narasumber Bersama Rusmito pengamat seni, Gunadi pelaku seni dalang, dan Zanuri pelaku seniman karawitan.

Pati (sigijateng.id) – Media Tradisional Bersama DPRD Jateng di Kabupaten Pati digelar dengan Pementasan wayang “Wahyu Ponco Tunggal” di kompleks makam Ki Gusti Sentono di Dukuh Pucang, Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen, Pati, Minggu (12/6/2022).

Pada pementasan itu, anggota DPRD Jateng Supriyanto menjadi narasumber Bersama Rusmito pengamat seni, Gunadi pelaku seni dalang, dan Zanuri pelaku seniman karawitan.

Sebagai pengamat seni, Rusmito mewakili pelaku seni mengaku banyak berterima kasih ada salah satu wakil rakyat di DPRD Jateng yang simpati dan mau menguri-uri seni budaya. Menurutnya seni adalah alat pemersatu bangsa. Diibaratkan sebuah etika yang tidak akan pernah luntur di masa-masa yang akan datang.

Gunadi pun mengaku setelah sudah tidak ada pembatasan beraktivitas, kegiatan berkesenian menjadi longgar. Seniman sudah kembali bisa beraktivitas.

“Pati ini sangat kaya akan budaya. Kami sebagai pelaku seniman sangat berbahahagia, seperti wayang kulit ini sudah mulai tampil lagi, apalagi setiap bulan Apit kalau orang Jawa (sedekah bumi) ini sebagai bentuk masyarakat melestarikan budaya. Untuk ke depan agar budaya itu jangan sampai dilupakan, dan harapan sebagai pelaku seniman, sering diadakan festival dan lomba, untuk menarik anak-anak sekarang,” kata dia.

Zanuri pun turut menambahkan, Desa Jatiroto sebenarnya kaya akan kesenian. Ada seni ketoprak, reog, bahkan kelompok musik kentrung atau ukulele.

“Harapan kami, Desa Jatiroto ini bisa dijadikan desa budaya. Dan untuk masyarakat berharap seni bisa dimasukkan ke kurikulum pelajaran pendidikan, khususnya untuk meneruskan anak-anak cucu kita nanti,” paparnya.

Sementara Supriyanto menyatakan, sudah selayaknya sebagai wakil rakyat dan berangkat dari Dapil Pati bisa merealisasikan kegiatan berkesenian untuk nguri-uri budaya. Potensi di Pati ini sangat kompleks. Di Pati terdapat seni budaya dan seniman sangat banyak. Potensi ini bisa dikembangkan lagi. Dijadikan Desa Jatiroto ini desa seni, potensinya sudah teruji.

“Sebagai tugas wakil rakyat, apapun aspirasi baik untuk kontribusi negara akan terus mengawal dan memberi kebijakan yang terealisasikan ini. Karena budaya itu sangat penting ke depannya. Budaya yang berkembang, negara juga akan menjadi besar dan untuk bersaing daripada negara-negara lain,” kata politikus Partai Golkar. (adv)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini