Masyaallah, 22 Santri Ponpes Fadhlul Fadhlan Rampung Menghafal Al-Qur’an 30 Juz dalam Waktu 6 Bulan

Sebanyak 14 santri putri dan 8 santri putra yang diwisuda program tahfidz enam bulan, dalam upacara wisuda perdana foto bersama dengan Pengasuh Ponpes Fadhlul Fahlan DR KH Fadlolan Musyaffa' Lc MA. ( foto dok ponpes Fadhlul Fahlan )

SEMARANG (Sigijateng.id) – Allah akan menolong dan memberikan kemudahan bagi hambanya yang mau bersungguh-sungguh dalam mencapai niat dan cita-citanya.

Itulah yang dialami oleh sejumlah santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Fadhlul Fadhlan Jl. Ngrobyong RT 04 RW I, Dukuh Wonorejo, Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Pada Sabtu lalu (15/1/2022) untuk kali pertama, Ponpes Fadhlul Fadhlan mewisuda 14 santri putri dan delapan santri putra yang telah lulus menghafal Al-Qur’an (bilghaib) 30 juz.

Dan mereka bisa rampung menghafal Al Qur’an dalam waktu yang singkat, yakni 6 bulan.

 “Dengan metode tertentu butuh waktu enam bulan untuk santri menghafal Al-Quran 30 juz,’’ kata Pengasuh Pondok Pesantren Fadhlul Fahlan Dr KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA dalam upacara wisuda perdana program tahfidz enam bulan.

Fadlolan yang juga Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng itu menjelaskan, upacara itu merupakan wisuda pertama yang diselenggarakan pondok pesantren bilingual berbasis karakter salaf untuk para santri yang berhasil menghafal Al-Qur’an dalam kurun waktu selama enam bulan.

“Acara Wisuda Program Tahfidz 6 Bulan begitu disambut dengan sangat antusias oleh para santri, Alhamdulillah juga disambut sangat baik oleh para wali santri, bahkan berubah menjadi tangisan histeris para wali santri yang menghadiri wisuda. Hampir tidak percaya dan seakan mimpi putra putri bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu 5 bulan ditambah melancarkan hafalan satu setengah bulan. Sungguh membanggakan kedua orang tua,’’ kata Fadlolan.

Pengasuh Ponpes Fadhlul Fahlan DR KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA menyerahkan syahadah kepada wisudawan program tahfidz enam bulan, dalam upacara wisuda perdana, Sabtu (15/1/2022) ( foto dok ponpes Fadhlul Fahlan )

Wisuda Program Tahfidz enam bulan berlangsung sangat meriah dan membanggakan. Hingga tak terasa banyak air mata penuh rasa haru yang menetes saat prosesi wisuda dan doa khatmil Qur’an dibacakan bersama.
Begitu syahdu menyentuh qalbu para santri dan semua yang hadir dalam acara upacara itu.

‘’Alhamdulilah program unggulan Tahfidz enam bulan berjalan dengan baik hingga sampai pada puncaknya hari wisuda,’’ kata Kiai Fadlolan.

Adanya program unggulan tahfidz enam bulan itu menurutnya, menumbuhkan semangat menghafal Al-Qur’an bagi para santri. Santri yang mengikuti program tahfidz dengan sangat antusias dan semangat bersama, kegiatan demi kegiatan mereka lakukan bersama seperti dilakukan tiap harinya menyetorkan hafalan, muroja’ah hafalan, membuat halaqoh sima’an.

‘’Kegiatan santri dimulai dari bangun tidur hingga tidur kembali mereka lakukan bersama dengan tujuan yang sama yaitu mengkhatamkan Al-Qur’an di waktu yang telah ditargetkan,” katanya.

Upacara wisuda dihadiri sejumlah kiai yaitu KH Achmad Chalwani Berjan Purworejo, mantan Ketua PWNU Jateng Drs KH Achmad, pengasuh Pondok Pesantren Ad-Dainuriyyah Drs KH Dzikron Abdullah dan Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji.

Dalam tausiahnya Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Purworejo KH Achmad Chalwani mengatakan, pentingnya memilih pendidikan terbaik untuk generasi muda yaitu pondok pesantren yang diasuh oleh seorang kiai yang memiliki sanad ilmu yang silsilahnya nyambung sampai Rasulullah Saw dari malaikat Jibril.

Dia mengharapkan dari santri tidak hanya menghafal Al-Qur’an tetapi sekaligus memahami dan mengamalkan isi yanf ada dalam kandunganya.

Setelah upacara wisuda dilanjutkan baiat Thariqoh Qadiriyah wa Naqsabandiah oleh Mursyid KH Achmad Chalwani Nawawi kepada 130 peserta dari santri dan beberapa jamaah pengajian Ahad pagi dari luar pesantren. Acara dilanjutkan dengan pengambilan raport siswa siswi MI, MTs, MA Al-Musyaffa’ Ponpes Fadhlul Fadhlan oleh para wali santri.  Sebelum pulang para wali santri menyempatkan sowan ke pengasuh pesantren mengucapkan terimakasih atas bimbingan putra putrinya dan pamitan ke ndalem pengasuh pesantren bergantian lebih dari 500 wali santri yang hadir pada wisuda tahfidz 6 bulan dan penerimaan raport siswa madrasah. (aris)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here