Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bawa Material, Bangunan Panti Asuhan Bayi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Ke-14 Kelompok 24 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang saat mengantarkan semen untuk pembangunan panti asuhan Manarul Mabrur Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang (3/8/2022). (Foto. KKN UIN)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Ke-14 Kelompok 24 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan open donasi sejak 21 Juli sampai dengan 3 Agustus 2022 untuk pembangunan ruang tidur bayi dan ibu hamil di panti asuhan Manarul Mabrur Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang (3/8/2022).

Panti asuhan yang menampung 31 bayi dan 49 anak-anak itu terletak di Jalan Sirotol Mustaqim, Pudak Payung, dan sudah berdiri selama 11 tahun lamanya. Awalnya, panti tersebut didirikan untuk pembentukan karakter bagi anak jalanan, namun saat ini orang-orang lebih mengenalnya sebagai tempat pengasuhan bayi hasil di luar nikah.

Sementara jumlah bayi-bayi tersebut akan terus bertambah kuantitasnya, namun Rois, selaku pendiri panti Manarul Mabrur, tidak pernah mengizinkan adopsi bayi dengan alasan apapun.

“Saya melarang pihak luar mengadopsi anak-anak tersebut. Para orang tua menitipkan dan akan mengambil kembali anaknya. Itu amanah yang harus saya jaga,” kata Rois yang kerap dipanggil abi oleh anak-anak asuhnya.

Menjadi unik dan belum banyak ditemui, panti asuhan bayi Manarul Mabrur menampung dan membesarkan bayi hasil dari hubungan di luar pernikahan yang dilakukan orang tua mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

“Ini (panti asuhan) kan jarang yang khusus menampung bayi-bayi. Apalagi bayi-bayi ini hasil dari hubungan di luar nikah, ada juga bayi-bayi dari hubungan seks tidak sah dilakukan oleh pelajar yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), bahkan menengah pertama (SMP)”, ujar Rois.

Rajendra Walad Jihad, selaku koordinator kelompok menyampaikan harapan saat menyalurkan bantuan berupa semen dan pasir guna pembangunan panti.

“Sedikit yang dapat kami berikan hasil dari open donasi dan iuran kami, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat dan menjadi amal baik dari para donatur. Semoga proses pembangunannya cepat selesai sehingga bayi dan ibu hamil disini dapat tidur nyaman”, ucapnya. (Ita Erviana-kknuinws/mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here