Macam-Macam Trik untuk Belajar, Adik-Adik yang Berencana Mengikuti UTBK SNBT 2023 Bisa Merapat

Ilustrasi: (foto freepik)

SIGIJATENG.ID – Macam-Macam Trik untuk Belajar, Adik-Adik yang Berencana Mengikuti UTBK SNBT 2023 Bisa Merapat

  1. Sebelum mulai belajar, set intentions dulu

Set intentions bisa dilakukan dengan cara berdoa sebelum belajar. Kalau muslim bisa baca sholawat atau doa-doa tertentu. Lalu setelah berdoa minta supaya dimudahkan belajarnya dan semoga diterima di kampus impian.

  1. Set mood

Setelah doa selesai, kamu bisa mencoba untuk sejenak pejamkan mata dan bayangkan bagaimana senangnya nanti saat baca pengumuman diterima di kampus impian, senangnya melihat hasil skor, dan lain-lain. Yakin saja dulu kalau hal-hal baik itu akan terjadi dan “pinjam” dulu rasa senangnya.

  1. Pilih tempat belajar.

Usahakan pilih tempat belajar tertentu. Pokoknya satu tempat khusus untuk belajar. Kalau bisa jangan di kasur. Misal tidak punya meja belajar, bolehlah di lantai menggelar tikar dan gunakan meja kecil. Supaya pikiran langsung asosiasi dengan belajar kalau kamu ada di situ.

  1. Set waktu / target

Kadang yang membuat malas belajar adalah perasaan bahwa belajar itu hal yang berat dan melelahkan. Nah supaya mudah, sebelum mulai kamu bisa atur dulu mau belajar sekian menit atau sekian chapter. Tidak perlu terlalu lama supaya tidak kena distractions. Cukup 25 atau 30 menit saja.

  1. Istirahat

Tubuh dan pikiran butuh istirahat juga. Setelah 25 menit duduk belajar, niatkan 10 menit untuk break. Usahakan break jalan-jalan ke dapur atau halaman atau ke mana saja sebentar. Bisa juga makan snack, minum, ke toilet. Kalau mau stretching bentar juga oke supaya tidak sakit punggung.

  1. Tidur dan makan.

Tidur yang cukup, makan yang bergizi, kalau kamu ada budget lebih bisa beli suplemen vitamin. Percaya deh dua hal ini sangat pengaruh dengan performa belajar. Bukan cuma 1 hari saja, tapi bahkan efeknya bisa panjang ke depan.

Tidak mau kan sudah capek-capek belajar tapi waktu hari H ujian badan lemes, pusing atau malah sakit maag atau flu. Tidur yang berkualitas dan asupan gizi itu investasi jangka panjang.

  1. Bersyukur

Perjalanan belajar dan menggapai cita-cita itu berat, lama, dan panjang prosesnya. Jadi apapun hasil belajar, usahakan untuk bersyukur karena kamu sudah dikasih kesempatan untuk berjuang. Bilang makasih juga kepada diri sendiri karena sudah berusaha.

Bersyukur dan berterima kasih sudah dikasih sehat, kemudahan, kesempatan dan segala kemudahan untuk berjuang. Apapun kondisimu sekarang, happy or not so happy, carilah hal-hal yang bisa disyukuri hari ini. Jadi tetap semangat ya untuk terus menggapai cita-cita. (akhida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here