Lantik SGN, Wagub Gus Yasin : Berperan Aktif Tak Hanya Penanganan Pandemi Covid-19

Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen melantik pengurus Santri Gayeng Nusantara Batang, Kendal dan Kota Pekalongan. (Foto : Dok. Sigijateng)

Kendal (Sigi Jateng) – Melalui peran aktif teladan dan dakwah, para santri juga mampu memberikan keterlibatannya dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebab, penanganan pandemi Covid-19 bisa dilakukan bersama-sama oleh semua pihak.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen disela-sela berkesempatan melantik pengurus Santri Gayeng Nusantara (SGN) Kendal, Batang dan Kota Pekalongan.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini menjelaskan, jika dampak Covid-19 sangat kompleks terutama dalam hal kesehatan. Sehingga santri yang tergabung dalam SGN harus memberikan contoh baik di masyarakat.

Selain persoalan pandemi, lanjut dia, pekerjaan rumah yang dihadapi SGN adalah masalah permasalahan perpecahan umat dari berbagai aliran dan kelompok yang ingin memecah persatuan dan kesatuan NKRI.

“Dulu pemberontakan dilakukan PKI. Sekarang muncul berbagai paham radikal. SGN harus memberikan contoh ajaran sesuai dengan kiai-kiai dengan mencintai negara dan menjunjung toleransi,” papar putra dari Almarhum KH Maimoen Zubair.

Sementara itu, Ketua SGN Kendal, Nurul Anwar mengatakan, pihaknya akan bergerak lebih aktif terutama pada kegiatan sosial, bidang kesehatan dan pendidikan. “Selain itu juga lebih aktif dalam penanganan tanggap bencana. Artinya santri tidak cuma ngaji saja, tapi memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat,” tuturnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini