Kunjungi Pasar Salatiga, Menko Airlangga Disambut Histeris Emak-emak Penjual dan Pembeli

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau operasi pasar minyak goreng di Pasar Raya Salatiga, Sabtu (29/1/2022). (Foto : Ist-Dok.sigijateng)

Salatiga (Sigi Jateng) – Kedatangan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang sedang memantau operasi pasar di Pasar Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (29/1/2022). Sejumlah emak-emak para penjual dan pembeli histeris gembira.

Diketahui, Airlangga datang di Pasar Salatiga tersebut yakni untuk melihat kondisi pasokan barang dan stabilitas harga. Para pedagang dan emak-emak di Pasar Salatiga tanpa canggung menghampiri Ketua Umum DPP Partai Golkar itu.

Bahkan, ada di antaranya mereka nekat merangsek maju kedepan hanya untuk meminta foto bersama dengan Menko Perekonomian tersebut.

“Terima kasih Pak Airlangga. Alhamdulillah, harga minyak goreng disini sudah mulai turun harganya,” ucap Suparti (54), warga Kecamatan Argomulyo, Salatiga.

Dia juga meminta kesediaan Airlangga Hartarto untuk berfoto bersama.  Sementara Ibu Lestari (60), tidak menyangka pasar yang setiap hari dia kunjungi untuk belanja keperluan sehari-hari didatangi seorang menteri yang selama ini hanya dilihat di televisi.

“Saya kaget bisa ketemu Pak Menteri di pasar, makanya tadi saya nekat maju ke depan minta foto bareng karena saya cuma bisa lihat Pak Airlangga di televisi,” tuturnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Airlangga Hartarto berkeliling ke Pasar Salatiga berkeliling dan berdialog secara langsung dengan sejumlah pengunjung pasar yang tengah beraktivitas di pasar.

Dia mengatakan, operasi pasar dilakukan untuk memastikan stabilitas harga bahan pangan. Hal ini menjadi salah satu upaya pemerintah menjaga ketersediaan stok serta keterjangkauan harga bahan pangan bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan tetap terjangkau. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir terjadi kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan.

“Kami meninjau pasar kali ini, salah satunya untuk memastikan harga minyak goreng serta harga beras dan gula pasir yang tergolong cukup murah,” kata Airlangga Hartarto.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyatakan pemerintah telah menetapkan harga minyak goreng Rp14.000 per liter. Diharapkan per 1 Februari 2022, semua pedagang sudah menjual minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan pemerintah.

“Harga minyak goreng yang ditetapkan pemerintah, Rp14.000 per liter untuk kemasan premium, Rp13.500 per liter kemasan sederhana dan Rp11.500 untuk minyak goreng curah. Dengan adanya harga yang ditetapkan, diharapkan per 1 Februari semuanya bisa berproses diharga Rp14.000 per liter,” kata dia. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini