Kumpulkan ZIS Terbanyak, Ketua Baznas RI Apresisas Baznas Jawa Tengah

Acara penyerahan bantuan Baznas Jawa Tengah kepada penerima. ( foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Ketua Baznas RI Noor Achmad mengapresisi Baznas Jawa Tengah karena menjadi provinsi dengan perolehan Zakat, Infaq dan Sodakoh terbesar di Indonesia. Bahkan, keberhasilan Baznas Jawa Tengah ini selalu dijadikan cerita di manapun berada. Salah satu penyebab kesuksesan Baznas Jawa Tengah ini karena inisiasi yang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Hal tersebut dikatakan Noor Achmad saat menghadiri acara penyerahkan zakat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui Badan Amil Zakat Nasional Jawa Tengah, Selasa (26/4). Penyerahan dilakukan serentak diikuti oleh para kepala daerah dan instansi pemerintahan lain se Jawa Tengah.

“Saya harus datang ke Jawa Tengah karena apresiasi apa yang dilakukan pak gubernur tentang zakat, dalam catatan kami bapak gubernur ini orang yang paling punya perhatian terhadap baznas. Tentu saja dari apa yang dilakukan oleh beliau dan Kiai Darodji,” ucap Noor Achmad kepada wartawan.

Noor Akhmad megatakan kesuksesan Baznas Jawa Tengah tersebut selalu disampaikan dengan blak-blakan kepada provinsi laian atau daerah lain di Indonesia. Saat keliling Indonesia selalu berikan contoh tentang Provinsi Jawa Tengah.

“Bahwa Gubernur Jawa Tengah luarbiasa selalu mendorong zakat, hubungan antara baznas dengan provinsi, mendorong hubungan antara baznas dengan kabupaten kota,” kata Noor Achmad.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, kata Noor Achmad, potensi ZIS di Jateng akan bisa dimaksimalkan. Apalagi, lanjut Noor, laporan pada tahun 2021 perolehan Zakat di Jateng mencapai Rp 57,4 Miliar.

Maka target Jawa Tengah untuk mencapai perolehan zakat tahun 2022 yang potensinya Rp 76 Miliar, kata Noor Achmad, bisa tercapai. “Insyaallah bisa diraih karena gubernurnya pak ganjar dan insyaallah jadi percontohan nasional. Ini patut jadi contoh bupati wali kota se jateng insyaallah manfaatnya sangat besar sekali,” kata Noor.

Sementara, Gubernur Ganjar Pranowo ditemui usai menyerahkan zakat, mengaku senang bisa menggelar secara serentak kegiatan tersebut. Ganjar berharap masyarakat bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Saya mengajak kepada warga Jawa Tengah, instansi di Jawa Tengah, pengusaha yuk kita tunaikan zakat lewat baznas,” ucap Ganjar.

Jika seluruh ZIS bisa dikonsolidasikan melalui Baznas, Ganjar yakin perolehan akan meningkat. Di sisi lain, makin banyak yang akan menerima manfaatnya.

Melalui Baznas, lanjut Ganjar, penyaluran zakat bisa lebih merata dan transparan. Mulai renovasi pondok pesantren, rumah ibadah. Kemudian bisyaroh untuk guru agama dan honorer. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk membantu korban bencana dan hingga UMKM.

“Kita bisa memberikan bantuan banyak sekali ya kepada mereka yang memang membutuhkan. Sehingga nantinya manfaat dari dari zakat ini bisa cukup banyak, dan tidak hanya zakat saja tapi termasuk infaq sodakoh. Jadi zis ini kita dorong dan wujud dari gerakan cinta zakat inilah saya pengin ini kita tradisikan,” tandas Ganjar.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan dari Baznas secara simbolis yakni Bantuan RTLH sebanyak 43 Unit sebesar Rp 695.000.000,- diterima Dinas Perakim; Bantuan Jambanisasi sebanyak 37 Unit di Desa Dampingan sebesar Rp 111.000.000,- diterima Biro Umum; Bantuan Kegiatan Mudik Gratis sebesar Rp 50.200.000,- diterima Biro Kesra; dan Bantuan Penyandang Disabilitas kepada seorang Guru Madrasah di Salatiga, sebesar Rp 10.000.000,-. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini