KPU Akan Menata Dapil DPRD Kabupaten dan Kota, Bagaimana untuk Provinsi dan Pusat?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Paulus Widiyanto saat memberikan pernyataan, Rabu (6/10/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang melakukan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Kabupaten dan Kota. Sementara untuk Dapil di tingkatan Provinsi dan pusat kemungkinan besar masih tetap.

Paulus Widiyanto selaku ketua KPU Jawa Tengah mengatakan dalam waktu dekat KPU di tingkat Kabupaten dan Kota akan segera melakukan penataan dapil tersebut.

“Untuk agenda terdekat KPU saat ini adalah penataan daerah pemilihan (Dapil) untuk Kabupaten dan Kota,” ujar Paulus pada Rabu (6/10/2022).

Ketika ditanya kenapa pusat dan provinsi belum ada penataan, Paulus mengatakan karena Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang kepemiluan yang mengatur Dapil belum diubah atau direvisi.

“Sementara untuk Daerah Pemilihan DPRD Provinsi dan RI masih mengacu pada UU 7 tahun 2017, dan karena UU tersebut tidak diubah dan direvisi, maka artinya lampiran itu masih tetap atau belum ada perubahan. Yang artinya Dapil Provinsi dan RI masih tetap,” ujarnya.

Namun Paulus menegaskan, dalam nomenklatur penataan Dapil Kabupaten dan Kota itu sendiri belum tentu KPU melakukan perubahan peta daerah pemilihan. Semua itu tergantung jumlah pemilih di masing-masing Dapil.

“Sementara untuk nomenklatur penataan Dapil Kabupaten dan Kota bisa jadi tetap atau ada perubahan,” tutupnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here