Komisi 1 DPR Desak Kemkominfo Blokir Podcast Deddy Corbuzier, Buntut Undang Pasangan LGBT

Pasangan LGBT, Ragil dan Fred saat diundang podcast Deddy Corbuzier. (Foto: Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier)

Jakarta (Sigijateng.id) – Buntut pasca undang pasangan gay atau LGBT di podcast Deddy Corbuzier terus mendapatkan kritik dari berbagai pihak. Bahkan, anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir video podcast Deddy Corbuzier tersebut.

Pasalnya, muatan video tersebut bertentangan dengan agama dan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Jelas ini bertentangan dengan agama dan hukum yang berlaku di negeri ini. Kominfo berwenang untuk meng-take down video bermuatan yang bertentangan dengan hukum,” ujar Iqbal kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Iqbal menilai, podcast dikhawatirkan berimplikasi pada meningkatkan pernikahan sesama jenis di Indonesia. Bahkan, kata Iqbal, jika perlu pemerintah memproses hukum semua pihak yang melakukan promosi LGBT dan pernikahan sesama jenis.

“Termasuk Deddy Corbuzier yang tak hanya promosikan pasangan gay namun juga pernikahan sesama jenis yang dilarang dalam undang-undang,” kata dia.

Menurut Iqbal, kebebasan berekspresi di media sosial berbasis internet harus ada batasannya. Dia menegaskan, tak boleh melanggar hukum dan norma yang berlaku di Indonesia.

“Take down video itu sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat Indonesia, yang resah karena telah memberikan ruang ekspresi untuk pasangan LGBT dan pernikahan sesama jenis itu,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Iqbal mengingatkan, Deddy Corbuzier soal dampak dari promosi atau propaganda LGBT dan pernikahan sesama jenis yang dilakukan di podcast-nya. Apalagi, Deddy Corbuzier merupakan salah satu Youtuber yang memilki jutaan subscriber dan videonya ditonton jutaan orang.

Propaganda itu, kata Iqbal, membuat banyak kaum LGBT tak segan mengekspresikan orientasi seks menyimpang di tengah masyarakat. Menurutnya, propaganda itu juga bisa membuat jumlah LGBT di Indonesia semakin besar.

“Jangan sampai kaum LGBT merasa berhak untuk mengekspresikan orientasi seksual menyimpang mereka dan merusak moral dan tatanan masyarakat Indonesia,” kata Iqbal.

Sebelumnya, Dalam akun media Instagram pribadinya, Deddy Corbuzier sempat mempromosikan podcast saat mewawancarai pasangan gay tersebut.

“Bisa gak gue jadi GAY… Disini kita lihat bahwa kenyataan di dunia ini berbeda beda.. Suka tidak suka.. Setuju atau tidak.. They are here…. @ragilmahardika,” tulis Deddy Corbuzier.

Akibat unggahannya itu, sejumlah warganet langsung menyerang dan mengkritik unggahan Deddy terkait podcast itu.

“Walaupun ga mendukung lgbt, tapi opini dari mereka ini yang bisa meracuni orang lain untuk berfikir bahwa lgbt menjadi hal yang biasa saja,” ungkap seorang warganet mengomentari video Youtube yang diunggah Deddy Corbuzier.

Bahkan akibat video yang diunggahnya itu, follower Deddy Corbuzier yang sebelumnya berjumlah 20 juta kini merosot 8 juta atau tersisa 11,1 juta follower. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here