Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Makin Solid, Tiga Parpol Ini Bakal Daftar Bareng ke KPU

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bertumpu tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) pada acara silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu,4 Juni 2022. Foto : Dok.Golkar

Jakarta (Sigijateng.id) – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) makin solid. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto menyebut salah bentuk soliditas tersebut, karena PAN, Golkar, dan PPP akan mendaftar secara bersama-sama ke KPU pada pekan depan.

“Kami (KIB) memang insyaallah bersama-sama ke KPU, itu artinya menunjukkan bahwa soliditas Koalisi Indonesia Bersatu ini semakin hari semakin bagus,” ujar Yandri di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Yandri mengatakan partai yang tergabung dalam KIB akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada Rabu, 10 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB. Secara umum, kata dia, masing-masing partai sudah mempersiapkan surat pendaftaran dan dokumen-dokumen pendaftaran melalui Sipol.

“Termasuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024, kami laksanakan dengan bareng. Insya Allah dari sisi persiapan, kami sudah siap, baik itu dokumen yang akan kami serahkan ke KPU maupun pengurus atau jumlah yang akan ikut ke KPU sudah kami bicarakan, dan semuanya sudah siap,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Yandri juga memastikan PAN akan langsung dipimpin oleh Ketum Zulkifli Hasan atau Zulhas saat mendaftar ke KPU. Zulhas, kata dia, akan didampingi oleh sekjen, bendahara umum, wakil ketua umum, dan jajaran DPP PAN lainnya.

“Kemudian ada hampir semua anggota DPR akan ikut mengantarkan ketua umum ke KPU untuk mendaftarkan PAN sebagai peserta pemilu,” kata Yandri.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional atau PAN Zulkifli Hasan mengatakan jika PAN sudah memenuhi syarat administrasi pendaftaran pemilu. Menurutnya, PAN juga telah melampaui persyaratan verifikasi pendaftaran parpol sesuai Undang-Undang tentang Pemilihan Umum.

Diketahui, hingga hari keempat pendaftaran, terdapat 11 parpol yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024. Dari jumlah tersebut, delapan partai dinyatakan telah lengkap dokumen pendaftaran dan berstatus terdaftar.

Diantaranya, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Garda Perubahan Indonesia atau Partai Garuda.

Sementara tiga partai lainnya belum lengkap pendaftaran, yakni Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Reformasi dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai). Pendaftaran parpol calon peserta pemilu akan dibuka hingga 14 Agustus pukul 23.59 WIB. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here