Ketua KIM Kota Semarang : Peran KIM Diharap Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ketua KIM Kota Semarang, Dr. Drs. Budiyanto, SH. M.Hum menyerahkan Bendera KIM kepada Ketua KIM Kecamatan Tugu, H. Wasis Suwoyo Masa Bhakti 2022-2027 di Terminal Mangkang, Kamis (18/8/2022) malam. (Foto. KIM Semarang)

Semarang (Sigijateng.id) – Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Se-Kecamatan Tugu & Kecamatan Tugu Masa Bhakti 2022-2027 resmi dilantik oleh Camat Tugu Pranyoto di Terminal Mangkang, Kamis (18/8/2022) malam.

Pelantikan KIM Kecamatan Tugu tersebut merupakan pelantikan yang keempat KIM Kota Semarang, sebelumnya adalah pelantikan KIM Kecamatan Gajahmungkur, KIM Kecamatan Semarang Barat dan terakhir KIM Kecamatan Semarang Utara.

Ketua KIM Kota Semarang, Dr. Drs. Budiyanto, SH. M.Hum menuturkan, para pengurus KIM Kecamatan Tugu dan Kelurahan Se-Kecamatan Tugu ini berasal dari para tokoh-tokoh, aktivis, pegiat sosial kemasyarakatan dari masing-masing bidang atau keahlian.

Mereka diharapkan bisa bersatu padu, bergerak bersama, mempunyai peran dan menyampaikan informasi yang bermanfaat, baik untuk anggota KIM, masyarakat Kecamatan Tugu dan masyarakat Kota Semarang pada umumnya.

“Setelah KIM Kelurahan Se-Kecamatan Tugu dan Kecamatan Tugu terbentuk. Saya berharap, jadilah KIM yang inovatif, kreatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi untuk mencapai masyarakat informasi yang sejahtera,” ujar Budiyanto

Budiyanto menjelaskan, landasan lahirnya KIM ini tidak lepas dari UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Menurutnya, diera sekarang ini, eranya sudah digital, semuanya serba digital, tergantung pada Handphone (HP), media sosial (Medsos).

Ketua KIM Kota Semarang, Dr. Drs. Budiyanto, SH. M.Hum Menyampaikan Arahan Kepada Pengurus Baru Dalam Pelantikan KIM Kelurahan Se-Kecamatan Tugu & Kecamatan Tugu Masa Bhakti 2022-2027 di Terminal Mangkang, Kamis (18/8) malam. (Foto. KIM Semarang) 

Kecanggihan teknologi tersebut mestinya harus digunakan untuk hal yang positif, yang membangun, jangan sampai disalahgunakan yang justru bisa menimbulkan persoalan.

“Kalian harus cermat, harus teliti dan jangan termakan berita bohong (Hoax), berita palsu, fakta yang direkayasa. Setiap menerima berita atau informasi apapun, kapanpun dan dimanapun harus di-saring dulu sebelum di-sharing supaya kita tidak tersesat,” pesan Budiyanto

Jelang menghadapi tahun politik (Pemilu 2024) Budiyanto juga mengajak kepada para pengurus KIM di semua tingkatan, mulai dari Kota, Kecamatan hingga Kelurahan untuk berkomitmen, bersama-sama menjaga stabilitas dan kondusifitas masyarakat.

 “Pemilu harus sukses, karena untuk kelangsungan pemerintahan, pembangunan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Adanya Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kab/Kota semua dilahirkan dari Pemilu. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, mari kita mensukseskan,” ajaknya.

Sementara itu, Walikota Semarang Dr. H. Hendrar Prihadi, SE, MM yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang Soenarto meminta kepada para pengurus KIM Kelurahan Se-Kecamatan Tugu dan Kecamatan Tugu yang baru, apa saja yang diarahkan Ketua KIM Kota Semarang, Bapak Budiyanto bisa diwujudkan.

“Pada hakikatnya KIM merupakan tangan panjang pemerintah kepada masyarakat, begitu sebaliknya, KIM juga jadi jembatan, masukan masyarakat kepada pemerintah, lewat Kominfo tentunya untuk perbaikan pelayanan masyarakat untuk Semarang semakin hebat,” ujarnya

Pelantikan KIM Kelurahan Se-Kecamatan Tugu dan Kecamatan Tugu dimeriahkan pementasan musik keroncong dan dihadiri beberapa tokoh masyarakat Kota Semarang. Tampak duduk di barisan depan Pengurus MUI Provinsi Jawa Tengah dan Pengasuh Ponpes Al Ishlah Mangkang Kulon Tugu, KH. Ahmad Hadlor Ihsan, Ketua KIM Kota Semarang, Budiyanto, Walikota Semarang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang Soenarto, Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kartika Hedi Aji, Camat Tugu Pranyoto, Forkompimcam Tugu dan Para Lurah di lingkungan Kecamatan Tugu. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini