Keren! Upacara Peringatan Sumpah Pemuda 2022 Kendal Digelar Di Obyek Wisata Curug Sewu, Ada Atraksi Marching Band

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 Kendal Digelar Di Obyek Wisata Curug Sewu. Foto : vian/sigijateng.id

Kendal (Sigijateng.id) – Peringatan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 Kabupaten Kendal dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” digelar dan dipusatkan di Obyek Daya Tarik Wisata (DTW) Curugsewu Kecamatan Patean Kendal, Jumat (28/10/2022).

Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii didaulat menjadi Inspektur Upacara diikuti ratusan peserta dari unsur TNI/Polri, ASN, siswa-siswi SMP dan SMA, dan peserta Jambore Kepemudaan Kendal.

Selain itu, turut juga dihadiri jajaran Forkopimda dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Setda Pemkab Kendal.

Atraksi Marching Band SMA Negeri 1 Limbangan unjuk kebolehan di Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 yang dieglar di Obyek wisata Curugsewu. Foto : vian/sigijateng.id

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” kata Dandim saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” lanjutnya.

Disampaikan, bahwa peran pemuda dalam memelopori dan membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, diikuti dengan rangkaian pergerakan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” imbuhnya.

Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 Kendal diikuti ratusan peserta dari unsur TNI/Polri, ASN, siswa-siswi SMP dan SMA, dan peserta Jambore Kepemudaan Kendal. Foto : vian/sigijateng.id

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisara Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, upacara Hari Sumpah Pemuda dan Jambore Kepemudaan Kendal dilaksanakan di objek wisata Curugsewu dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kendal.

Acara Jambore Kepemudaan Kendal, diikuti 80 peserta selama dua hari, dengan diikuti dari unsur pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang ada di Kendal.

“Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 dan Jambore Kepemudaan Kendal, dilaksanakan di objek wisata Curugsewu. Hal ini selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memajukan pariwisata di Jawa Tengah, khususnya Kendal,” kata Ircham.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 tersebut juga turut dimeriahkan adanya atraksi marching band siswa-siswi SMA Negeri 1 Limbangan, serta kesenian tradisional kuda lumping dari Sukorejo. (Red)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini