Kenjuran Camping Ground di Kendal ini Kembangkan Sport Tourism Menantang Adrenalin

Bupati Dico M Ganinduto membuka kawasan wisata Kenjuran Camping Ground di lereng Gunung Prau Desa Purwosari Sukorejo, Minggu 09 januari 2022. (Foto : Dok. Diskominfo Kendal)

Kendal (Sigi Jateng) – Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka kawasan Wisata Kenjuran Camping Ground di lereng Gunung Prau Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo, Minggu (09/1/2022).

Kali ini memadukan kawasan wisata dengan jalur sepeda ekstrem yang menantang dan lokasi berkemah atau camping ground. Wisata Kenjuran Camping Ground ini berada di pos satu jalur wisata sepeda rute Kenjuran-Kaliwayang.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu konsep sport tourism Pemerintah Kabupaten Kendal yang hingga kini terus digarap dan dikembangkan ke khalayak publik.

Pada kesempatan itu, suami dari artis Chaca Frederica ini ikut mencoba jalur sepeda didampingi Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Camat Sukorejo dan Kepala Desa Purwosari.

Dico berharap dengan dibukanya Wisata Kenjuran Camping Ground ini akan menghidupkan pariwisata, khususnya di kawasan Kenjuran Desa Purwosari. Khususnya bagi komunitas pecinta wisata sepeda baik dari wilayah Kendal maupun luar daerah Kendal bisa menjadi daya tarik tersendiri.

“Saya berharap dengan dibukanya Camping Ground, maka wisata di Kenjuran ini diharapkan semakin ramai, sehingga UMKM juga semakin berkembang. Hal ini sesuai dengan konsep sport tourism yang terus kita garap,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Purwosari, Muhammad Miadi mengatakan, jika jalur wisata sepeda Kenjuran-Kaliwayang memiliki rute panjang sejauh 2,5 kilometer. Pemandangannya di jalur sepeda ini juga sangat indah dan alami.

“Sebab, sepanjang perjalanan melintasi areal persawahan dan hutan di daerah perbukitan. Selain itu ada tempat berkemah, juga bisa mendaki gunung serta bersepeda ekstrem yang cukup menantang adrenaline,” kata dia.

Dirinya berharap, dengan dibukanya Camping Ground tersebut maka wisata di kawasan Kenjuran yang merupakan wilayah atas lereng Gunung Prau perbatasan antar kabupaten ini akan semakin ramai.

“Setidaknya akan membuka lapangan pekerjaan, baik melalui UMKM maupun jasa wisata lainnya. “Wisata ini dikelola desa bersama karang taruna setempat harapnnya semakin berkembang ke depannya,” tandas Miadi. (Dye)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here