Kemenag RI Berharap Guru Madrasah Dukung Implementasi Program Moderasi Beragama

Seminar moderasi beragama dihadiri para guru madrasah Se -Solo Raya di Solo, Jum'at (7/10/2022). ( foto kemenag ri)

SOLO (sigijateng.id) – Kementerian Agama RI menggelar seminar moderasi beragama dihadiri para guru madrasah Se -Solo Raya di Solo, Jum’at (7/10/2022). Seminar mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Moderasi Beragama bagi Guru Madrasah”. Hadir dan memberikan materi Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM, Abu Rokhmad.

Dalam kesempatan itu, Abu Rokhmad mengatakan guru madrasah harus mau mendukung strategi implementasi moderasi beragama yang telah di gagas oleh Kemenag RI

“Ini harus menjadi pemahaman bersama, guru madrasah harus terlibat dalam implementasi program moderasi beragama yang di gagas oleh pusat,” ungkap Abu

Menurutnya peran guru madrasah menjadi sangat penting dalam proses penajaman moderasi beragama dengan memperhatikan fungsi informatif, komunikatif, edukatif dan motivatif dalam menjalani tugas kesehariannya.

“Ini kan guru madrasah setiap hari bersinggungan langsung dengan para peserta didik, nah jadi mereka perlu mempertegas kembali implemtasi nilai-nilai moderasi beragama terutama dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Abu melanjutkan program moderasi beragama akan di-breakdown menjadi program turunan lainnya di daerah, salah satunya dilakukan penyisipan pada kurikulum yang sudah ada.

“Kantor wilayah di seluruh Indonesia harus merumuskan strategi implementasi moderasi beragama tentunya kami harap para guru dapat menopang jalannya strategi ini,” kata Abu

“Penyisipan akan menekankan pada aspek bagaimana substansi mata pelajaran dikaitkan dengan spirit moderasi beragama, hingga dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini