Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 1443 H, Jumat atau Sabtu? Berikut Niat dan Keutamaannya

Ilustrasi: Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah Tahun 1443 H/2022 M, Berikut Niat dan Keutamaannya. ( foto dok sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID – Saat datang bulan Dzulhijjah ada kewajiban ibadah haji di tanah suci bagi yang mampu, juga dianjurkan untuk melakukan kurban, bagi yang mampu dan tidak naik haji. Menyembelih hewan kurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah, kemudian bis ajuga dilakukan pada hari tasyrik; yakni tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Kemudian, juga ada anjuran untuk melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah yang dimaksud disini adalah selain puasa Senin dan Kamis, namun puasa Tarwiyah dan Arafah.

Puasa sunah yang dilaksanakan pada hari Arafah, yakni tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa-puasa lainnya.

Keutamaan puasa Arafah ini bisa disimak antara lain dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas.

Adapun puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Dikatakan hadits ini dlaif (kurang kuat riwayatnya), tapi para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhaif dalam kerangka fadhail a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Kapan puasa Tarwiyah dan Arafah dilakukan? Puasa Tarwiyah dilaksanakan 2 hari sebelum Hari Raya Idul Adha yaitu tanggal 8 Dzulhijjah.

Pemerintah RI sudah mengumumkan bahwa Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu 10 Juli 2022, maka puasa Tarwiyah dilakukan pada Jumat, 8 Juli 2022.

Sedangkan Puasa Arafah dikerjakan sehari sebelum Hari Raya Idul Adha yaitu 9 Dzulhijjah atau jatuh Sabtu,9 Juli 2022.

Sedangkan versi Muhammadiyah yang menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada sabtu 9 Juli 2022, maka puasa Tarwiyah dilakukan pada Kamis, 7 Juli 2022.

Sedangkan Puasa Arafah dikerjakan sehari sebelum Hari Raya Iduladha yaitu 9 Dzulhijjah atau jatuh Jumat, 8 Juli 2022. Kamu mau puasa Apa? Pilihan Ada pada Anda sendiri.

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā. Artinya,

“Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.”

Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.

Selamat menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here