Kacang Merah Sumber Gizi Sehat untuk Bayi

Ilustrasi: Kacang Merah Sumber Gizi Sehat untuk Bayi. (foto pixabay.com)

SIGIJATENG.ID – Protein, zat besi, folat, seng dan mangan merupakan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Kacang-kacangan dan lentil merupakan sumber dari zat-zat yang disebutkan. Kacang merah menjadi salah satu contoh kacang-kacangan yang mudah didapat dan diolah.

Tentu saja kacang merah ini baru bisa dikonsumsi saat si kecil sudah mengenal MPASI. Pada masa ini, si kecil sangat membutuhkan asupan protein dan karbohidrat yang cukup, untuk membantu pertumbuhannya.

Kandungan gizi untuk 3,5 ons (100 gram) kacang merah rebus adalah 127 kalori, 67% air, 8,7 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 0,3 gram gula, 6,4 gram serat dan 0,5 gram lemak.

Kacang merah juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti Molibdenum, asam folat, zat besi, tembaga, mangan, kalium, dan vitamin K1. Simak manfaat kacang merah untuk bayi berikut ini,

  1. Mencegah anemia

Kacang merah mengandung zat besi yang tinggi, sehingga makanan ini bermanfaat untuk mencegah anemia. Dengan menambahkan kacang merah sebagai asupan harian, balita atau anak dapat mengoptimalkan sistem peredaran darahnya agar bekerja lebih optimal.

  1. Menguatkan Daya Ingat

Kacang-kacangan, termasuk kacang merah mengandung protein yang tinggi. Oleh karena itu semangkuk kacang merah bisa memenuhi kebutuhan protein anak. Saat asupan protein ini terpenuhi, semakin mendukung kemampuan memori dan daya ingat anak.

  1. Menambah energi

Karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas bayi. Sehingga kemampuan gerak bayi meningkat dan ia dapat mengeksplorasi banyak hal baru di sekitarnya.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan serat di dalam kacang merah dapat membantu sistem pencernaan bayi. Sehingga metabolisme tubuhnya akan semakin baik. Dengan begitu, suplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh bayi juga lebih maksimal. Selain itu, kandungan serat juga dapat mencegah sembelit. Si kecil akan lebih mudah buang air besar.

  1. Mengandung asam folat

Asam folat memiliki manfaat untuk perkembangan otak bayi. Salah satunya dapat merangsang motorik dan kognitif bayi lebih maksimal.

Beragam manfaat kacang merah tersebut dapat dioptimalkan dengan membuat MPASI berbahan dasar kacang merah, berikut ini resep MPASI kacang merah,

Bahan-bahan:

Berat putih organik (20 ml)
Fillet dada ayam
Kacang merah
Brokoli
1 Siung bawang putih
Cara membuat:

a. Cuci bersih semua bahan. Cuci ayam dengan perasan jeruk nipis lalu bilas kembali dengan air bersih.

b. Potong kecil- kecil dada ayam.

c. Masukan semua bahan ke dalam pot slow cooker dan tambahkan air secukupnya.

d. Atur waktu memasak dengan pot slow cooker.

e. Setelah matang, ambil 1/2 bagian bubur untuk makan pagi. Saring dengan saringan kawat. Jangan lupa kerok bagian bawah saringan.

f. Bubur siap disajikan untuk Si Kecil.

Perhatikan selalu asupan makanan yang masuk ke dalam perut si kecil agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini