Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Sebut 85% Pasien Konfirmasi Omicron Sudah Sembuh

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi (Foto:BNPB)

Jakarta (Sigi Jateng) – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan sebanyak 85% pasien konfirmasi Covid-19 varian Omicron sudah sembuh. Kemudian untuk pasien dengan kasus berat, kritis dan membutuhkan oksigen berjumlah 8% dari total 2.980 kasus Omicron.

Sementara itu, konfirmasi positif Covid-19 terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data per Kamis (3/2/2022) angka positif tembus 27.197 kasus, tertinggi sejak diumumkannya konfirmasi varian Omicron pertama di Indonesia pada Desember tahun lalu.

Dikatakan Nadia, virus Covid-19 varian Omicron memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan varian Alpa, Beta, dan Delta. Namun, gejalanya lebih ringan dengan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi, sehingga, pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan diimbau melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Bagi pasien isoman selama saturasi di atas 95% tidak perlu khawatir. Kalau ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedisin atau puskesmas setempat,” kata Nadia dalam keterangan pers, Jumat (4/2/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah sudah memperkirakan dan mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron. Selain itu, Jokowi juga meminta kepada para gubernur, bupati, wali kota, dan jajaran pemerintah daerah, serta dibantu jajaran TNI dan Polri untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat. Selain itu vaksinasi terus dijalankan dan dipercepat.

“Saya kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi berbagai varian baru Covid-19. Tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dan kurangi aktivitas yang tidak perlu. Bagi yang belum divaksin agar segera divaksin. Bagi yang sudah divaksin lengkap dan sudah waktunya untuk disuntik vaksin penguat, booster. Segera vaksin booster,” kata Jokowi. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini