Jangan Boros, Begini Cara Mengatur Keuangan Agar Cukup Sampai Waktu Gajian Berikutnya!

A young businessman working from his office and counting cash money

SIGIJATENG.ID – Setiap orang yang bekerja pasti memiliki siklus waktu gajian yang berbeda-beda. Ada kalanya yang digaji perhari, perminggu, perbulan, atau bahkan beberapa bulan sekali. Hal itu lah yang membuat seseorang kesulitan untuk mengatur keuangan nya agar cukup sampai waktu gajian yang selanjutnya tiba.

Untuk itu, sebagai para pekerja harus benar-benar pintar mengatur dan memahami kebutuhan agar keuangan bisa berjalan lancar.

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut SIGI JATENG berikan 4 tips cara mengatur keuangan agar cukup sampai waktu gajian berikutnya!

  1. Tentukan pengeluaran maksimal harian

Saat baru gajian, pasti seseorang terkadang merasa dirinya banyak uang dan ingin beli ini itu tanpa berpikir panjang kedepannya. Hal itulah yang harus dihandari. Untuk itu, kamu bisa menentukan pengeluaran maksimal harianmu. Pastikan juga sesuai dengan gaji dan kebutuhan utama sehari-hari.

  1. Bagi uang gajian ke dalam beberapa kategori

Maksudnya, jangan campurkan seluruh uang gajianmu ke dalam satu dompet. Sebaiknya, kamu memisahkannya dan membuat beberapa kategori untuknya. Misalnya, kamu bisa mengambil 30 persen dari gajimu untuk ditabung. 20 persen untuk dana darurat dan 50 persen untuk memenuhi kebutuhanmu dalam sebulan.

  1. Buat daftar belanja yang penting

Saat hendak berbelanja kebutuhan bulanan kamu, pastikan kamu sudah membuat daftar belanja yang memang untuk kebutuhan penting sehari-hari. Jangan membeli sesuatu yang tidak penting.

  1. Jangan berhutang untuk hal tidak mendesak

Kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa orang adalah meminjam uang untuk membeli barang yang tidak mendesak serta tidak memiliki daya jual. Hal ini akan berakibat hutang menumpuk dan menghabiskan gajimu bulan depan. Pastikan kamu tidak berhutang jika tidak benar-benar membutuhkannya.

Nah itu dia 4 tips mengatur keuangan agar cukup sampai waktu gajian berikutnya. Semoga bermanfaat! (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini