Jadi Pendaftar Pertama, PDIP Komitmen Ikuti Seluruh Proses Tahapan Pemilu

Rombongan Pengurus DPP PDIP saat berada di KPU untuk mendaftarkan partainya sebagai peserta pemilu 2024. ( foto pdip)

JAKARTA (Sigijateng.id) – PDI Perjuangan (PDIP)berkomitmen untuk mengikuti seluruh tahapan pemilu 2024 dengan baik, yang sudah dimulai dengan proses pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). PDIP tercatat sebagai partai pertama yang mendaftarkan diri ke KPU Pusat, pada Senin (1/8/2022)

“Sesuai komitmen dari PDI Perjuangan, seluruh tahapan-tahapan pemilu kita ikuti dengan baik, dengan seksama, dengan mendukung penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu didalam upaya meningkatkan kualitas Pemilu 2024 yang akan datang,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dikutip dari laman pdiperjuangan, Senin (1/8/2022)

Sebagai peserta pemilu yang daftar pertama kali, Hasto memastikan PDI Perjuangan sudah memenuhi seluruh kesiapan kesiapan adminustratif yang dipersyaratkan.

“Yang dilakukan PDI Perjuangan mengapa jadi peserta pemilu pertama yang mendaftar, karena menunjukkan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran partai,” kata Hasto.

Surat pendaftaran PDIP ke KPU tadi diserahkan oleh Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari.

Serah terima dilakukan di dalam gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Jajaran PDIP hadir dipimpin oleh Hasto. Dia didampingi Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bid. Pemenangan Pemilu); Komarudin Watubun (Ketua DPP Partai Bid. Kehormatan Partai), Djarot Saiful Hidajat (Ketua DPP Partai Bid. Ideologi dan Kaderisasi), Sukur H. Nababan (Ketua DPP Partai Bid. Organisasi); Ahmad Basarah (Ketua DPP Partai Bid. Luar Negeri), Sri Rahayu (Ketua DPP Partai Bid. Kesehatan, Perempuan & Anak), Utut Adianto (Wakil Sekjen Bid. Internal), Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bid. Pemerintahan), Sadarestuwati (Sekjen Bid. Kerakyatan) dan Prasetyo Edi Marsudi.

Saat tiba, Hasto dan rombongan diterima Pimpinan KPU. Setelah mengisi tamu, kemudian mereka menuju ruangan dan dilanjutkan dengan pemutaran lagu Mars PDI Perjuangan. Hasto kemudian mempersilahkan Bambang Wuryanto yang akrab disapa Pacul, untuk menyampaikan dokumen ke Ketua KPU.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto atau akrab disap Bambang Pacul mengatakan, pada Minggu (31/7) sudah mendaftarkan diri ke KPU secara online. Bahkan diakui bahwa partai berlambang moncong putih itu merupakan partai pertama yang daftar ke KPU.

”Puji syukur kami sudah memasukkan ke KPU sebagai parpol peserta pemilu melalui online. Semoga berkah dan menang Pilpres dan Pileg 2024,” ujar Bambang.

Bambang menjelaskan hari ini anggota yang didaftarkan PDI Perjuangan ke KPU sebanyak 477.777 orang. Jumlah tersebut memang sengaja dihitung sebanyak itu, lantaran mempunyai makna dan filosofi sendiri.

Menurutnya, angka 4 di depan jumlah 477.777 personel merupakan lambang kursi kuasa atau hasil elektoral. Sedangkan angka 77 dikaitkan dengan tanggal pendaftaran yang masuk bulan Agustus dan berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan RI ke 77 tahun.

Sementara itu, Wasekjen PDI Perjuangan yang juga Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan, Arif Wibowo, mengatakan, selain mendaftar yang pertama, seluruh kelengkapan syarat dipenuhi pihaknya.

“Yang administratif terdiri dari kepengurusan partai, keterwakilan perempuan, kantor partai, dan keanggotaan partai. “Sudah kita lengkapi semua,” imbuh Arif.

Menyangkut khususnya keanggotaan partai, Arif mengatakan tentu KPU akan menindaklanjuti dengan proses verifikasi. Jika semua sudah sesuai, diharapkan pada Desember tahun ini, PDI Perjuangan bisa ditetapkan resmi sebagai parpol peserta pemilu.

“Kami juga merasa bahagia karena seluruh kelengkapan administratif yang diperlukan sudah kita penuhi dan tentu saja ini menunjukkan bahwa kami PDI Perjuangan telah memenuhi seluruh syarat yang dibutuhkan di dalam pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol peserta pemilu 2024,” pungkasnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here