Inilah Rahasia Agar Miliki Tubuh Tetap Bugar Di Saat Menginjak Lansia

Ilustrasi. (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Pernahkah anda melihat seseorang yang sudah lansia namun tetap aktif dan bugar dalam beraktivitas? Anda juga bisa seperti mereka dengan membiasakan kegiatan-kegiatan yang mampu membuat anda menua dengan sehat. Penasaran apa saja aktivitas tersebut? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Menua menunjukkan efek waktu, yakni sebuah proses yang terus menerus berlangsung seperti halnya perkembangan atau pertumbuhan. Menua itu proses normal yang berlangsung sejak maturitas dan menjadi nyata setelah menginjak usia 40 tahun.

Penuaan lebih dipengaruhi faktor genetik, gaya hidup, lingkungan dan berbagai penyakit dari penambahan umurnya sendiri. Menua adalah proses yang mengubah orang dewasa sehat menjadi orang yang ‘frail’ atau ‘lemah’ karena berkurangnya cadangan fisiologis serta meningkatnya kerentanan terhadap penyakit.

Proses menua umumnya tidak merusak bahkan bisa merupakan perubahan yang diharapkan. Misalnya sikap bijaksana yang seharusnya meningkat seiring usia. Namun, satu hal yang setiap orang inginkan di hari tuanya yaitu tetap sehat sehingga bisa tetap aktif, mandiri, produktif, berumur panjang dan tidak menjadi beban orang lain.

Di Indonesia sendiri, tingkat kesadaran untuk mempersiapkan masa tua sejak muda masih sangat rendah, padahal itu adalah investasi jangka Panjang yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sebuah survei yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging pada tahun 2020 menyebutkan 3 dari 10 konsumen di Asia Pasifik memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat.

Hal yang bisa dilakukan pada usia muda dalam mempersiapkan menua dengan sehat adalah mempertahankan kesehatan tulang dengan bertambahnya usia. Tulang yang kuat dan sehat dibangun selama masa remaja dan dewasa muda. Kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium dalam tulang mencapai puncaknya pada usia 30 tahun.

Ini adalah masa kritis dimana seseorang dapat memaksimalkan kepadatan tulang. Dapatkan banyak kalsium dalam porsi makanan atau sekitar 1.000 mg per hari dan lakukan latihan menahan beban secara teratur.

Keduanya penting untuk membangun massa tulang, dan itu adalah dua hal terbaik yang dapat dilakukan saat lebih muda untuk memastikan kesehatan tulang seriring bertambahnya usia.

Pertahankan massa otot dan berat badan normal dengan bertambahnya waktu tidak kalah pentingnya agar menua dengan sehat. Membangun massa otot bisa diakukan pada usia berapapun. Jika menetapkan kebiasaan yang benar di usia muda yang mencakup konsumsi protein yang cukup dan melakukan latihan ketahanan akan cenderung melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidup.

Yang tidak kalah penting adalah mempertahankan kesehatan kulit dengan bertambahnya usia. Makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh dan cara merawat kulit saat masih muda dapat mempengaruhi penampilan kulit seiring bertambahnya usia. Kulit bergantung pada protein untuk membuat struktur pendukungnya dan banyak cairan untuk membantu mencegah kekeringan. Kerusakan kulit yang terjadi pada saat masih muda mungkin baru muncul beberpa dekade kemudian.

Jadi, pertahanan terbaik adalah membiasakan diri merawat kulit dengan baik dari muda. Untuk itu menambahkan gizi dan gaya hidup mempunyai dampak yang bermakna dalam meningkatkan angka harapan hidup sehat.

Jadi mulailah kebiasaan baik dari usia muda untuk penuaan yang sehat. Caranya adalah makan sesuai kebutuhan, sehat rohani, hindari rokok dan stres, istirahat yang cukup, jaga fisik dan pikiran tetap aktif dan bersosialisasi mempunyai dampak positif terhadap umur panjang.

Untuk itu, setidaknya ada tujuh langkah menua dengan sehat, yaitu olahraga rutin, asupan gizi yang cukup, istirahat dan tidur cukup, pemeriksaan kesehatan rutin deteksi dan terapi dini penyakit. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini