Inilah Momen Jokowi Ajak Iriana dan Jan Ethes Shalat Duha di Masjid Sheikh Zayed Solo

Jokowi datang ke Masjid Sheikh Zayed bersama cucu pertamanya yakni Jan Ethes Srinarendra dan Iriana Jokowi, Minggu (20/11/2022). Foto : instagram@presidenjokowi

Solo (Sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi masjid hadiah dari Pangeran UEA Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, yakni Masjid Raya Syekh Zayed Al Nahyan, Gilingan, Solo.

 Jokowi datang ke Masjid Sheikh Zayed bersama cucu pertamanya yakni Jan Ethes Srinarendra dan Iriana Jokowi, Minggu (20/11/2022),

Kedatangan orang nomor satu RI itu pun mengejutkan warga yang berada di lokasi. Warga lalu berebut untuk mendapatkan kaus dari Jokowi. Pengawalan di sekitar mobil Jokowi diperketat melihat antusias dari warga.

Jokowi tiba di Masjid Raya Syekh Zayid Al Nahyan sekitar pukul 08.55 WIB. Tiba di Masjid Zayed Al-Nahyan, nama Jokowi diteriakkan warga yang berkunjung ke masjid itu.

“Pak Jokowi, Pak Jokowi,” teriak warga saat melihat mobil Jokowi.

Jokowi juga sempat membagi-bagikan kaus sebelum masuk masjid. Terlihat Iriana keluar dari mobil terlebih dahulu sudah dengan memakai mukena. Lalu disusul oleh Jan Ethes dan terakhir Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja berwarna putih dipadukan dengan celana berwarna hitam.

Jokowi datang ke Masjid Sheikh Zayed bersama cucu pertamanya yakni Jan Ethes Srinarendra dan Iriana Jokowi, Minggu (20/11/2022). Foto : instagram@presidenjokowi

Jokowi, Iriana dan Jan Ethes terlihat jalan-jalan di area terbuka masjid. Dari informasi yang diperoleh dari salah satu pekerja di masjid, Jokowi dan Iriana menjalankan shalat Duha.

“Iya Ibu salat, sama Pak Jokowi,” kata pekerja yang enggan disebutkan namanya itu.

Sekitar pukul 09.16 WIB Jokowi terlihat meninggalkan masjid. Jokowi tampak duduk di serambi masjid untuk memakai sepatu.

Selanjutnya, ia keluar masjid dan sempat menyapa warga dan kembali membagikan kaus. “Apa, apa,” kata Jokowi menjawab panggilan warga dengan melambaikan tangan.

Keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayeh Al Nahyan tersebut menambah satu lagi destinasi wisata religi di Kota Solo. Masjid yang berlokasi di Jalan A. Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Peresmian dilakukan pada Senin (14/11). Waktu peresmian ini maju beberapa hari dari rencana semula yakni Kamis (17/11). Sebelum peresmian dilakukan, sejumlah prosesi dilakukan yakni mulai dari salah tahiyatul masjid yang dilaksanakan Presiden Jokowi maupun Presiden UEA MBZ.

Masjid Sheikh Zayed ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi. Seperti dilansir dari surakarta.go.id, di dalamnya terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah. Arsitektur Islam modern ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini