Inilah Cara Mengetahui Umur Kucing? Simak di Sini Supaya Anda Lebih Bisa Merawat Kucing Kesayangan

Kucing (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Kucing menjadi salah satu jenis binatang yang banyak dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan. Sebagian orang menginginkan memelihara kucing karena sifatnya yang lucu dan menggemaskan. Umur kucing ternyata bisa lho dilihat dari fisik binatang tersebut.

Maka dari itu artikel ini akan memberikan penjelasan umur kucing secara lebih terperinci melalui ciri-ciri yang dapat dilihat dengan jelas. Tentunya hal ini juga akan lebih mempermudah kalian mendapatkan informasi sekaligus proses pembacaan umur kucing yang sedang dimiliki.

  1. Gigi

Salah satu cara untuk mengetahui umur kucing adalah dengan menggunakan gigi. Mulai dari gigi susu yang hanya akan muncul ketika seekor kucing berusia dua sampai empat minggu. Pada usia kucing tiga sampai empat bulan gigi permanen akan segera muncul.

Di mana gigi permanen ini akan menggantikan keberadaan dari gigi susu. Kondisi ini juga lebih kerap disebut dengan gigi sulung. Ketika usia kucing telah memasuki 6 bulan biasanya gigi dewasa akan lebih cepat berkembang lebih maksimal.

Lantas bagaimana untuk kucing tua agar bisa diketahui usia yang dimilikinya. Sebenarnya masih bisa menggunakan gigi namun dilihat dari jumlah noda atau karang gigi. Meski begitu saat ini sudah ada pembersih gigi kucing. Sehingga menjadikan karang pada gigi kucing sedikit lebih susah untuk menentukan usia suatu kucing.

  1. Kematangan Seksual

Selain dapat dilihat berdasarkan pertumbuhan gigi. Umur kucing juga bisa dilihat berdasarkan kematangan seksual. Sebagai contohnya adalah teritorial testis urine yang lebih menonjol dari biasanya. Seekor kucing betina akan mengalami siklus estrus ketika memasuki usia 5 sampai 12 bulan.

Di mana siklus estrus ini merupakan sebuah siklus reproduksi secara teratur yang hanya bisa dialami oleh kucing betina. Pada fase tersebut akan dibagi menjadi empat fase. Mulai dari fase proestrus, fase estrus, fase diestrus hingga fase anestrus.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kucing betina telah memasuki fase proestrus. Fase tersebut dapat dilihat berdasarkan tanda-tanda yang dialami oleh kucing betina. Mulai dari sifat kucing yang berubah menjadi lebih gelisah, bagian vagina terlihat memerah, lembab, terlihat bengkak dan memiliki kondisi nafsu makan yang lebih besar. Hanya pada usia 7 bulan seekor kucing betina mampu hamil dan melahirkan seekor anak.

  1. Pertumbuhan Pada Bulu

Lewat pertumbuhan bulu pada tubuh kucing juga bisa dijadikan sebagai tanda pertambahan usia. Awalnya bulu kucing terasa begitu lembut. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia dari kucing tersebut. Maka bulu akan menjadi lebih kasar sekaligus lebih tebal. Lalu ketika berada di tempat teduh, kondisi dari bulu kucing tersebut akan terlihat lebih gelap atau lebih terang. Bahkan ketika seekor kucing memasuki usia dewasa akan memiliki uban layaknya manusia.

  1. Mata

Terakhir adalah pada bagian mata. Ketika kucing masih muda dan sehat, maka kondisi mata akan terlihat lebih cerah. Namun seiring bertambahnya usia dari kucing tersebut mampu membuat mata kucing menjadi lebih keruh, iritasi bahkan hingga mengeluarkan cairan tertentu. Hal tersebut akan lebih banyak terjadi pada kucing dengan usia 10 tahun. Dengan empat cara di atas, kalian akan lebih mudah dalam mengetahui umur dari seekor kucing.

Nah itu dia sekilas info tentang bagaimana cara mengetahui umur kucing. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini