Ini Dia 5 Tempat Camping dengan Pemandangan Menakjubkan di Jawa Tengah

Ilustrasi: 5 Tempat Camping dengan Pemandangan Menakjubkan di Jawa Tengah (foto Maximilian Oeverhaus – canva.com)

SIGIJATENG.ID – Ada banyak cara untuk menghabiskan libur di akhir pekan, salah satunya dengan melakukan kegiatan di luar rumah bersama keluarga. Bukan hanya dengan mengunjungi tempat wisata, bersantai dengan menikmati keindahan alam juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah dengan camping di alam terbuka.

Dengan camping, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya di alam, seperti trekking, memasak di alam, hingga berburu foto bintang-bintang saat malam. Kegiatan ini tentu bisa meredakan stres yang diakibatkan pekerjaan di hari kerja. Selain itu, adanya kebersamaan bersama keluarga di alam seperti ini akan membuat bonding antar anggota keluarga menjadi semakin kuat.

Keindahan alam Indonesia menjadikan banyak tempat untuk melakukan camping menjadi mudah, beberapa di antaranya bisa kamu temukan di daerah Jawa Tengah. Kamu bisa melakukan kamping di hutan pinus, gunung, hingga bukit dengan pemandangan yang menarik. Penasaran, kan? Inilah 5 tempat kamping dengan pemandangan indah yang terletak di Jawa Tengah.

1. Bumi Perkemahan Sekipan

Kabupaten Karanganyar memang sering menjadi destinasi wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan keindahan alam. Ada begitu banyak tempat wisata alam di sini yang bisa kamu dan keluargamu kunjungi, salah satunya adalah Bumi Perkemahan Sekipan. Tempat ini sempat dijadikan sebagai kawasan pelatihan untuk TNI dan baru diresmikan sebagai Bukit Sekipan pada tahun 2015 lalu.

Untuk harga tiket masuknya mungkin sedikit mahal, yaitu mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000. Namun, harga tersebut terbilang cukup memuaskan dengan pemandangan indah yang akan kamu dapatkan di sini. Selain itu, ada berbagai macam fasilitas yang bisa kamu coba di dalamnya, seperti flying fox, trampolin, hingga jembatan goyang. Dijamin deh, akhir pekanmu akan semakin menyenangkan saat dihabiskan di Bumi Perkemahan Sekipan.

2. Mawar Camp

Jawa Tengah memang terkenal memiliki lokasi dan pemandangan alam yang indah. Ada banyak gunung cantik yang bisa dijadikan tempat berkemah atau hanya untuk sekedar melakukan hiking. Salah satu gunung yang bisa dijadikan referensi kamu dan keluarga di akhir pekan untuk dikunjungi adalah Gunung Ungaran. Di gunung ini, kamu bisa melakukan pendakian atau hanya sekedar berkemah di Mawar Camp.

Tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk sampai di Mawar Camp, kamu sudah bisa memasuki lokasinya di area pintu gerbang Pendakian Gunung Ungaran lewat Mawar. Selain itu, tidak usah khawatir dengan jalanan yang tidak rata karena saat ini jalan yang akan kamu lalui untuk sampai di Mawar Camp sudah rata. Jika kamu ingin berkemah di sini, kamu akan mendapatkan begitu banyak fasilitas seperti tempat penyewaan alat camping, tempat ibadah, toilet, hingga tempat parkir.

3. Sunrise Camp

Jika kamu ingin berkemah di gunung indah yang memiliki pemandangan alam menawan tak tertandingi, Gunung Prau pasti menjadi pilihan teratas! Gunung yang jadi salah satu gunung di Dataran Tinggi Dieng ini sering kali dijadikan sebagai tempat untuk latihan mendaki bagi para wisatawan maupun warga setempat dikarenakan memiliki jalur yang tidak terlalu sulit. Selain itu, gunung ini juga dikenal sebagai batas bagi tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kendal, dan Wonosobo.

Lebih jauh, kamu juga bisa menjadikan gunung ini sebagai tujuan untuk berkemah, lho! Selain itu, kamu bisa berkemah di tempat ini dan memburu sunset indah yang memanjakan mata. Kamu juga bisa berburu keindahan alamnya dengan menggunakan drone. Namun, jika kamu ingin berkemah di sini, ada baiknya untuk dilakukan pada bulan Agustus dan September agar terhindar dari hujan dan genangan air. Tertarik?

4. Wana Campsite Nglimut

Ilustrasi: 5 Tempat Camping dengan Pemandangan Menakjubkan di Jawa Tengah (foto Todd Trapani – canva.com)

Apa kamu ingin mencoba untuk berkemah di kelilingi oleh hutan pinus? Wana Campsite Nglimut jawabannya! Tempat perkemahan ini terletak di Lereng Gunung Ungaran dan berada di barat laut, lebih tepatnya Desa Gonoharjo, Kendal. Jika kamu berangkat dari Kota Semarang, kamu bisa lewat Jalan raya Semarang-Boja hingga Terminal Cangkiran.

Untuk harga, kamu tidak perlu khawatir. Untuk masuk ke dalam Wana Campsite Nglimut hanya dibanderol dengan harga Rp8000 per orang. Selain itu, jika kamu dan keluarga ingin menyewa tenda, hanya dikenakan biaya sebesar Rp70.000 per malamnya. Kamu juga tidak perlu takut jika tempat ini memiliki akses sinyal yang sulit dijangkau karena internet bisa berfungsi dengan normal di sini. Wah, pasti mengasyikkan untuk tetap update sambil berkemah!

5. Bukit Sikunir

Apakah kamu termasuk orang yang suka berburu sunrise? Jika iya, lokasi Bukit Sikunir pasti ada di dalam bucket-list perjalananmu. Bukit ini memang sudah dikenal di kalangan pencinta alam baik wisatawan di dalam maupun dari luar negeri. Hal ini karena keindahan dan kecantikan alamnya yang tidak tertandingi. Bukit Sikunir berlokasi di Desa Sembungan dan dapat dikunjungi kapan saja.

Berkemah dan menikmati alam dengan keluarga adalah salah satu cara terampuh bagi kita yang sedang penat dan ingin menghabiskan akhir pekan dengan tenang. Itulah 5 rekomendasi tempat berkemah di Jawa Tengah yang telah kami rangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat! (asz)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here