Ini Cara Mudah Buat Pestisida Alami Untuk Kesuburan Tanamanmu

Cara Mudah Buat Pestisida Alami Untuk Kesuburan Tanamanmu. Foto : Twitter excel_Dee

SIGIJATENG.ID – Anda yang masih bingung mengapa tanaman cabainya busuk, daunnya keriting, bawang merah diserang ulat, jagungnya diserang ulat, kacang panjang banyak semutnya, dan tanaman-tanaman lainnya, coba deh buat pestisida alami buatan sendiri dengan bahan yang mudah yakni cukup bawang putih dan minyak sayur.

Penasaran bagaimana cara buatnya? Simak artikel ini.

Bahan dan Alat :

85 gram bawang putih

50 ml minyak sayur

10 ml deterjen/sabun

950 ml air

Alat penyaring

Botol

Cara Pembuatan :

Campurkan bawang putih dengan minyak sayur. Biarkan selama 24 jam. Tambahkan air dan sabun. Aduk hingga rata. Simpan dalam botol paling lama 3 hari.

Cara Penggunaan :

Campurkan larutan dengan air dengan perbandingan 1 : 19 atau 50 ml larutan dengan 950 ml air. Kocok sebelum digunakan. Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang OPT pada pagi hari

OPT Sasaran yakni Ulat, hama pengisap, nematoda, bakteri, antraknos, embun tepung.

Cara kerja pestisida nabati sangat spesifik, yaitu Pestisida nabati atau pestisida alami dapat diaplikasikan dengan menggunakan alat semprot (sprayer) gendong seperti pestisida kimia pada umumnya. Namun, apabila tidak dijumpai alat semprot, aplikasi pestisida nabati dapat dilakukan dengan bantuan kuas penyapu (pengecat) dinding atau merang yang diikat.

Caranya, alat tersebut dicelupkan ke dalam ember yang berisi larutan pestisida nabati, kemudian dikibas-kibaskan pada tanaman. Supaya penyemprotan pestisida nabati memberikan hasil yang baik, butiran semprot harus diarahkan ke bagian tanaman dimana jasad sasaran berada.

Apabila sudah tersedia ambang kendali hama, penyemprotan pestisida nabati sebaiknya  berdasarkan ambang kendali. Untuk menentukan ambang kendali, perlu dilakukan pengamatan hama seteliti mungkin.

Pengamatan yang tidak teliti dapat mengakibatkan hama sudah terlanjur besar pada pengamatan berikutnya dan akhirnya sulit dilakukan pengendalian.

Pestisida alami ini berfungsi untuk merusak perkembangan telur, larva dan pupa, menghambat pergantian kulit, mengganggu komunikasi serangga, menyebabkan serangga menolak makan, menghambat reproduksi serangga betina, mengurangi nafsu makan, memblokir kemampuan makan serangga, mengusir serangga dan menghambat perkembangan patogen penyakit.

Pestisida nabati sendiri juga mempunyai beberapa keunggulan dan kelemahan.

Keunggulan  pestisida nabati adalah:

(1) murah dan mudah dibuat sendiri oleh petani.

(2) relatif aman terhadap lingkungan.

(3) tidak menyebabkan keracunan pada tanaman.

(4) sulit menimbulkan kekebalan terhadap hama.

(5) kompatibel digabung dengan cara pengendalian yang lain.

(6) menghasilkan produk pertanian yang sehat karena bebas residu pestisida kimia.

Sementara, kelemahannya adalah:

(1) daya kerjanya relatif lambat.

(2) tidak membunuh jasad sasaran secara langsung.

(3) tidak tahan terhadap sinar matahari.

(4) kurang praktis.

(5) tidak tahan disimpan.

(6) kadang-kadang harus diaplikasikan / disemprotkan berulang-ulang.

(akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini